Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Danau Singkarak, Pesona Sumpu Yang Belum Dimaksimalkan Pemkab Tanah Datar

02 Juli 2017 | 06:56 WIB Last Updated 2017-07-02T00:42:51Z

Tanah Datar - Tak ada yang membantah, bahwa Nagari Sumpu  di tepian Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar adalah nagari yang mempesona. Tak hanya itu, Sumpu juga kaya dengan kelezatan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawonya yang manis.

Kekayaan budaya yang terkumpul dalam Rumah Gadang yang usianya ratusan tahun juga menambah nilai plus Nagari Sumpu sebagai kampung wisata andalan.

Dengan banyaknya potensi yang dimiliki Nagari Sumpu yang sangat berpotensi menunjang pariwisata Sumatera Barat secara umum, maka diadakan Festival Danau Singkarak dengan tema " Pesona Sumpu "  dari tanggal 1-2 Juli 2017.

Novita Yanti, seorang anak Nagari Sumpu berharap  dengan diadakannya Festival Danau Singkarak 2017 ini  dapat mempererat silaturahmi, melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur di masa datang. Yang mana nantinya berdampak pada meningkatnya ekonomi kerakyatan , terutama untuk masyarakat Nagari Sumpu.

Namun, saat kru pasbana.com menyambangi gelaran Festival Danau Singkarak di Nagari Sumpu pada Sabtu ( 1/7) terlihat kurang rapinya acara ini digelar. Pentas panggung pun masih berdiri ala kadarnya dan kursi hadirin juga belum tertata. Nampak beberapa muda-mudi yang masih berlatih tari untuk pentas di acara tersebut. Pejabat Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam gelaran tersebut pun minim kehadiran.

Tanpa acara pembukaan secara resmi, acara Lomba Pacu Biduak pun segera dimulai karena waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB. Kurang rapinya acara ini terlihat dari pendaftaran peserta Lomba baik Lomba Pacu Biduak maupun Lomba Fotografi dilakukan saat itu juga di selembar kertas polos.

Namun untuk sisi keamanan dan keselamatan layak diapresiasi kontribusi dari pihak BPBD Kabupaten Tanah Datar dan Polres Tanah Datar yang menurunkan personelnya berikut dengan perahu karetnya.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, rangkaian acara Festival Danau Singkarak Pesona Sumpu yaitu Pagelaran Seni dan Budaya anak Nagari Sumpu ini  akan menampilkan aneka tari, pertunjukkan randai, dan pertunjukkan musikal Talago Buni. Dan ada dimeriahkan dengan arak-arakan Bundo Kanduang Nagari Sumpur yang menjunjung talam.

Ada juga Lomba Pacu Biduak, yang diikuti oleh perwakilan anak nagari-nagari yang ada di selingkar Danau Singkarak. Lomba Dekorasi dan Modifikasi Biduak yang juga akan diikuti peserta nagari selingkar Danau Singkarak. Namun yang cukup khas adalah Lomba Manjalo yang dilakukan dari atas biduak ( perahu kecil ) yang memiliki kesulitan cukup tinggi karena harus memperhatikan keseimbangan dan butuh keahlian khusus peserta agar biduak tidak karam dan jala terkembang dengan sempurna.


Masih dalam rangkaian acara, ada lomba Silat Dalam Air, Lomba Kuliner ciri khas Nagari Sumpu, Mancing Mania di Batang Sumpu, dan Lomba Fotografi untuk photographer. Para photographer dipersilakan mengabadikan langsung keindahan Nagari Sumpu. Setiap lomba disediakan hadiah yang menarik.

Untuk Lomba Foto bertema "Pesona Sumpu" , dibuka untuk umum dan peserta tidak dibatasi umur dan gender. Ketentuannya , foto harus diambil di Nagari Sumpu, Singkarak, Tanah Datar pada tanggal 1 dan 2 Juli 2017. Dan sebagai juri dalam lomba fotografi ini adalah fotografer kenamaan Erison J Kambari dan Yose Mirza.

Kerja keras dan kegigihan masyarakat Nagari Sumpu untuk mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur , patut diacungi jempol. Mereka pun telah bersiap bagi wisatawan yang ingin menginap di Nagari Sumpu selain hotel, masyarakat Nagari Sumpu juga menyediakan  homestay dengan harga terjangkau.

Seyogyanya, Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar bisa memberikan dukungan yang lebih kuat untuk pengembangan wisata di Nagari Sumpu ini. Dengan menambahkan infrastruktur yang memudahkan dan penataannya untuk menambah nyaman wisatawan yang berkunjung. Karena mencari tempat makan yang nyaman dan representatif cukup susah di lokasi acara. Kebanyakan yang ada hanya pedagang keliling yang bersepeda motor.

Semoga hal ini bisa dibenahi di kemudian hari oleh seluruh stakeholder pariwisata di Luhak Nan Tuo.

Berikut adalah video sebagian dari kemeriahan Festival Danau Singkarak bertema Pesona Sumpu yang diabadikan oleh Novita Yanti salah seorang anak Nagari Sumpu .




Inyong Budi


×
Kaba Nan Baru Update