Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Datar Gondol Juara Umum Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat

08 Agustus 2016 | 08:09 WIB Last Updated 2016-08-08T01:09:37Z


Sawahlunto - Prestasi membanggakan terus mengalir ke Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Kabupaten yang menjadi prestasi sebagai tradisi ini dinobatkan sebagai Juara Umum Lomba Gerakan PKK Tahun 2015 Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Secara khusus Bupati Irdinansyah Tarmizi turut menghadiri penutupan Jambore Terpadu kader PKK, Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Keluarga Berencana dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Sumatera Barat Tahun 2016 di Camping Ground Kandih Kota Sawahlunto, Sabtu(06/08).

Kehadiran bupati Irdinansyah Tarmizi pada Jambore tersebut tidak sekedar menyaksikan acara penutupan namun sekaligus menjemput Tim Penggerak PKK Kab. Tanah Datar beserta seluruh kader yang diketuai Ibu Emi Irdinansyah Tarmizi serta  kontingen Tanah Datar yang pada ajang tingkat Provinsi Sumbar yang baru saja mengangkat marwah Tanah Datar di tingkat provinsi.

Kabupaten Tanah Datar meraih prestasi juara umum lomba gerakan PKK tingkat Sumatera Barat pada kegiatan tahun 2015 yang diumumkan pada pada pembukaan Jambore tahun 2016 tanggal 3 Agustus 2016 yang lalu..

Prestasi juara umum ini diraih karena dari 5 kategori lomba yang dinilai, Tanah Datar berhasil meraih nilai tertinggi sehingga secara otomatis menjadi juara umum lomba gerakan PKK.

Kepala Badan Taskin PMPKB Tanah Datar Hernita. Z turut mendampingi para kader PKK, P3MD, KB dan TTG menyampaikan prestasi gerakan PKK Tanah Datar sangat membanggakan berhasil merebut juara umum dari kegiatan-kegiatan PKK selama tahun 2015.

Disebutkan, "PKK Nagari Pagaruyuang Kec. Tanjung Emas meraih juara 1 lomba gerakan PKK Bidang Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), juara 1 Bidang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dicapai oleh PKK nagari III Koto Kec. Rambatan, juara 2 bidang administrasi PKK dan ketua kelompok dasawisma oleh Nagari Batu Bulek Kec. Lintau Buo Utara, juara 2 bidang pemanfaatan Toga di Nagari Koto Laweh Kec. X Koto dan harapan 3 bidang halaman Asri Tertib Indah dan Nyaman (HATINYA)  PKK di Nagari Andaleh Kec. Batipuah.

Acara penyerahan hadiah, tropy tetap dan tropy bergilir juara umum ini diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno sehari sebelum acara penutupan Jambore ini.

Jambore terpadu kader PKK, Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Keluarga Berencana dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Sumatera Barat Tahun 2016 di Camping Ground Kandih Kota Sawahlunto ini dibuka secara resmi oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

Disela-sela rangkaian penutupan Jambore ini Ketua TP-PKK Tanah Datar Hj. Emi Irdinansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala daerah dan pemerintah daerah dalam hal ini instansi terkait dan yang turut membantu dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di Tanah Datar hingga meraih prestasi yang membanggakan di tingkat provinsi.

“Ini merupakan hasil kerja keras kita semua, terima kasih atas pengabdian seluruh pengurus baik yang lama maupun yang baru karena tahun 2015 ada masa peralihan pimpinan daerah,” ucapnya.

"Prestasi ini bukan milik saya tapi milik kita bersama selaku tim pengerak PKK Tanah Datar mulai dari tingkat nagari, kecamatan maupun kabupaten, kita harus bertekad untuk mempertahankan peringkat ini serta berupaya terus untuk membantu pemerintah daerah menjalankan program-program bagi masyarakat terutama ibu dan anak serta ikut membantu keluarga meningkatkan taraf ekonomi keluarga. satu lagi, kita juga harus bersiap untuk menyambut jambore PKK tahun 2017 di Kota Bukittinggi" jelas ketua TP-PKK.

Acara Jambore ini yang berlangsung dari tanggal 3 s/d 6 Agustus 2016 ini ditutup secara resmi oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno dan juga dihadiri oleh Walikota Sawahlunto, Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sijunjung serta instansi terkait dari Provinsi.

Pada jambore ini juga dilaksanakan beberapa lomba. Kab. Tanah Datar meraih kembali menoreh prestasi pada ajang lomba Posyantek tingkat Provinsi mendapat juara 1, juara 1 tenaga ahli Teknologi Tepat Guna atas nama Gina, Juara harapan 1 Pokja 1 pada ajang Jambore PKK 2016 dan juara 3 Pokja 3 pada ajang Jambore PKK tahin 2016 ini. (***)




×
Kaba Nan Baru Update