Notification

×

Iklan

Iklan

WABUP ZULDAFRI DARMA : PEMILIK DEPOT HARUS MILIKI IZIN DAN HYGIENIS

08 Agustus 2016 | 17:37 WIB Last Updated 2016-08-08T10:43:49Z


Tanah Datar - Maraknya penyediaan air bersih isi ulang (depot isi ulang) di kabupaten Tanah Datar membuat keraguan di tengah masyarakat, harga yang relatif murah patut dipertanyakan hygienis air yang akan dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Didasarkan hal tersebut Pemerintah Tanah Datar melalui Dinas Kesehatan bersama BKD dan Diklat melaksanakan Training Of Trainer (TOT)  Sanitasi Hyginies Depot Air Minum Bagi Tenaga Kesehatan di lingkungan pemerintah Tanah Datar, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Senen (8/8) di Aula Sumpur Singkarak Hotel.


Wabup Zuldafri Darma dalam sambutannya mengatakan pada saat ini di wilayah Tanah Datar  depot isi ulang sudah berjumlah sebanyak 175 depot, sedangkan yang sudah memiliki izin sebanyak 30 depot yang telah di uji kehygienisannya oleh instansi terkait.

“Kepada instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan dan pengecekan kembali ke lapangan, agar masyarakat kita mengkonsumsi air isi ulang benar-benar sehat dan hygienis “, tegas Zuldafri.

Sehubungan dengan pelatihan yang dilaksanakan, kepada peserta dapat mengaplikasikan di lapangan dengan memberikan informasi kepada pemilik depot air minum tentang  hygienitas air yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan harus mengurus izin sesuai persyaratan hygienis dalam pengelolaan air bersih, harap Wabup Irdinansyah.

Sementara itu  Sekretaris BKD dan Dilkat, Yendri Adi Saputra  sebagai Ketua Pelaksana mengatakan TOT yang dilaksanakan bertujuan untuk mampu memahami prosedur pemberian sertifikat laik hygienis sanitasi depot air minum kepada pemilik depot.

Peserta TOT sebanyak 30 orang  dari tenaga kesehatan yang berlatar belakang pendidikan sanitarian, kesehatan lingkungan dan tenaga medis di lingkungan pemerintah Tanah Datar  mulai tanggal 8-12 Agustus 2016 dengan nara sumber dari Dirjen Binkesmas Penyehatan Lingkungan Kemenkes Jakarta dan tim Dinkes Sumbar, ungkap Yendri Adi.

Pada kesempatan tersebut Wabup Zuldafri juga memasangkan tanda peserta pelatihan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar  dr. Dasmiwarita, Camat Batipuh Selatan Drs. Syahril. (*)



×
Kaba Nan Baru Update