Notification

×

Iklan

Iklan

LIVESTOCK EXPO, KONTES TERNAK DAN BULAN BAKTI PETERNAKAN TAHUN 2016

21 September 2016 | 06:32 WIB Last Updated 2016-12-14T09:23:55Z

Kabupaten Pasaman Barat  menjadi tuan rumah dalam Pelaksanaan kegiatan Livestock Expo, Kontes Ternak dan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan 2016 Provinsi Sumatera Barat yang  dilaksanakan di Jorong Jambak Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat pada tanggal 20 s/d 22 September 2016.


Livestock Expo, Kontes Ternak dan Bulan Bakti Peternakan dan kesehatan Hewan 2016 merupakan Event promosi dan pameran produk Peternakan yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat dan menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan secara bergulir di Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Juga merupakan ajang promosi bagi pelaku usaha mewujudkan jaringan kerjasama agribisnis peternakan, sekaligus kesempatan bagi pengusaha pengelola pakan dan agroindustri untuk melihat dan menyaksikan perkembangan teknologi indutri dan berbagai isu terbaru, serta membuka peluang investasi usaha dan membangun kerjasama bisnis/kemitraan usaha.
Pada waktu acara tersebut dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan Peternakan dan Kesehatan Hewan seperti Pelayanan Peternakan dan Kesehatan Hewan Gratis se Sumatera Barat, kemudian pada lokasi Puncak Acara dilaksanakan beberapa event diantaranya :
a. Pameran dan Promosi Agribisnis Produk Peternakan
b. Kontes Ternak
c. Pertemuan Penguatan Jaringan Agribisnis Peternakan
d. Temu Wicara Agribisnis Peternakan dan Kesehatan Hewan 
e. Lomba Asah Terampil
f.  JAPFA For Kids
g. Dan Kegiatan lainnya yang terkait dengan Peternakan dan Kesehatan Hewan.


Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Winarno Tohir yang menghadiri acara pembukaan itu menyebutkan, kegiatan tahunan ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sumbar dan masyarakat Pasbar, karena banyak pengetahuan yang akan diberikan, serta adanya layanan kesehatan hewan yang diberikan gratis.

Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi menambahkan, kontes ternak ini memamerkan ternak unggulan kabupaten kota se-Sumbar hasil Gertak Birahi dan Optimalisasi Inseminasi Buatan (GBIB) serta menyuguhkan pelayanan peternakan dan kesehatan hewan secara gratis.

Sebanyak 115 ekor ternak se Sumbar mengikuti kontes yang diadakan selama tiga hari, 20-22 September 2016. Peserta kontes merupakan ternak unggulan, terbaik, serta sehat.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Syahiran menyampaikan, Pasbar sebagai tuan rumah Kontes Ternak  menyambut teknologi peternakan demi pembangunan Pasbar ke depan, karena 100 ribu hektare lahan sawit rakyat siap untuk dijadikan tempat pengembangan peternakan sapi.


Disisi lain, nampak stand dari Kota Padang Panjang hadir di Livestock EXpo 2016 ini  dengan andalannya yaitu peternakan sapi perah dan produk olahan susu sapi yang sudah memiliki outletnya di Rumah Susu Padang Panjang. Keberadaan Rumah Susu Padang Panjang juga memperkaya destinasi wisata kuliner di Kota Padang Panjang.
( Budi)
×
Kaba Nan Baru Update