Notification

×

Iklan

Iklan

I Putu Venda : Kita Masih Lakukan Sosialisasi, Parkir Sembarangan, Belasan Mobil Dipasangi Sticker

27 Oktober 2016 | 20:44 WIB Last Updated 2016-12-14T07:46:32Z

Padangpanjang-Tim gabungan dari Dinas Perhubungan dan Kominfo bersama Satppol PP dan personil Satlantas Polres Padangpanjang, melakukan penertiban terhadap kendaraan roda empat yang masih parkir di sembarang tempat. Dimana, sepanjang Rabu kemarin, puluhan kendaraan dipasangi stiker “Pelangaran, Plat Nomor Anda Sudah Dicatat”.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) Kota Padangpanjang I Putu Venda ketika dihubungi, menyampaikan, penertiban yang dilakukan terhadap kendaraan roda empat yang masih parkir sembarangan dan mengganggu kelancaran lalu lintas itu, akan terus dilakukan sampai tidak ada kendaraan yang parkir sembarangan.

“Untuk memastikan tidak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan, memang cukup sulit. Apalagi dari penertiban yang kita lakukan sepanjang Rabu kemarin, kebanyakan pengendara beralasan “Yang dibutuhkan untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas adalah partisipasi aktif dari seluruh pengguna jalan, baik kendaraan roda dua khsususnya ojek, pengemudi roda empat maupun penumpang kendaraan umum. 

Tetapi, jika ketahuan masih melanggar, akan ditindak tegas,” sebut I Putu Venda. Disebutkannya, meskipun dalam tahap sosialisasi, tetapi kendaraan yang sudah ditertibkan dan dipasangi stiker tersebut, akan dicatat plat nomornya. Sehingga, jika ketahuan masih melanggar akan ditindak dengan Peraturan Perundang-rundangan yang berlaku.

Kepada masyarakat yang menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, lanjut Venda, untuk saling mengingatkan demi kebaikan bersama. Sehingga, penegakan aturan demi kelancaran lalu lintas bukan semata tanggungjawab petugas, tetapi juga kebutuhan masyarakat sebagai pengguna jalan.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Yoni Aldo menyampaikan, kepada petugas yang akan melakukan penertiban kelapangan, untuk tetap mengedepankan sikap tegas dan humanis dalam menjalankan tugas. Apalagi, dalam penertiban yang dilakukan akan ditemui berbagai permasalahan yang bisa menyulut emosi personil.

“Disinilah profesionalitas itu ditunjukkan, tegas itu penting tapi berbeda dengan kasar. Tegas itu penting, tapi bersikap kasar harus dihindari, laksanakan tugas dengan pendekatan humanis kepada siapapun dan dimanapun,” sebut Yoni Aldo.

Dari pantauan pasbana.com , selain melakukan penertiban di kawasan jalan Sudirman yang berad di pusat kota dan menjadi lokasi masuk menuju kawasan Pasar Padangpanjang, razia juga dilakukan di kawasan Kampung Cino dan bekas lokasi Pasar Sayur di Komplek Pasar Padangpanjang.

Puluhan kendaraan yang ketahuan parkir sembarang itu, dipasangi stiker oleh petugas di bagian kaca samping mobil. Sehingga, petugas bisa mengetahui mana-mana mobil yang pernah ditertibkan dan akan memudahkan dalam melakukan penindakan kedepannya. (Kenzie)

×
Kaba Nan Baru Update