Notification

×

Iklan

Iklan

Padamkan Kebakaran Di Lembah Harau, Helikopter Dikerahkan

09 Oktober 2016 | 12:03 WIB Last Updated 2016-10-09T10:25:43Z

Limapuluh Kota - Minggu 9 Oktober 2016 siang ini hingga Senin besok, satu helikopter water bombing jenis Bell 412 PK-PUV dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dikerahkan untuk padamkan api di kawasan kebakaran hutan di Kabupaten Limapuluh Kota-Sumbar.

Tepat pukul 10.00 WIB penerbangan perdana Helikopter water bombing type bell PK- PUV Airborn menuju sumber air  Sunsang,  selanjutnya melakukan penyiraman udara di hutan konservasi dan Taman Wisata Alam Lembah Harau Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota.

Sesuai rencana pemadaman, helikopter akan menjatuhkan air  di atas lahan terbakar di kawasan hutan lindung Lembah Harau, lalu akan dilanjutkan ke titik api lainnya di kawasan lain. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam sehari bagi helikopter ini menjatuhkan bom air

Pemadaman titik api ini dilakukan selama dua hari, dan diberikan sekitar 2,5 jam perharinya untuk proses water bombing. Dengan kapasitas angkut air sekitar seribu liter air.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sekitar sembilan titik api di kawasan hutan Limapuluh Kota yang tak bisa dijangkau oleh petugas pemadam, diantaranya di Lembah Harau, Bukik Limbuku, Taram, Jorong Toreh, Nagari Andaleh, Subarang Aia, Ngalau Lareh, Kapur IX dan Pangkalan.(**)




×
Kaba Nan Baru Update