Notification

×

Iklan

Iklan

AKSI 1000 LAMPION DI PUNCAK MARAPI, DILARANG KERAS !

31 Desember 2016 | 19:35 WIB Last Updated 2016-12-31T12:43:59Z

Padang  - Berkaitan dengan adanya selebaran dan ajakan untuk merayakan Malam Tahun Baru di Puncak Gunung Marapi dengan Aksi 1000 lampion, langsung direspon oleh Pihak Kepolisian.  Bahkan pintu masuk ke Gunung Marapi di Koto Baru sudah dijaga ketat oleh pihak Kepolisian. Dan larangan untuk sampai ke puncak sudah disampaikan di posko pintu masuk.

Sementara itu, Polda Sumatra Barat secara resmi melarang masyarakat atau pecinta alam untuk merayakan pelepasan 1.000 lampion pergantian tahun di Gunung Marapi.Kapolda mengimbau agar masyarakat meramaikan masjid atau rumah masing-masing saja.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga telah mengimbau kepada para pendaki Gungung Merapi untuk menjauh hingga radius 3 km dari puncak kawah, karena hingga saat ini Gunung Merapi masih berstatus Waspada atau Level II.

Berdasarkan data Pos PGA Marapi Sumbar, semenjak tanggal 1 hingga 29 Desember 2016, Gunung Api Marapi Sumatera Barat yang terletak 2.891 mdpl tersebut telah mengalami beberapa kali aktivitas vulkanik, diantaranya, 1 kali letusan pada 9 Desember 2016, 9 kali hembusan, gempa tremor nihil, 5 gempa vulkanik dangkal (VB), 3 gempa vulkanik dalam (VA), 27 kali gempa tektonik jauh (TC), 10 gempa tektonik lokal (TL), serta nihil gempa tornillo.


Mengacu pada kondisi lokasi yang tidak aman dan aksi 1000 lampion ini selain mengotori Gunung juga bisa memicu kebakaran , dan faktor keselamatan pendaki yang sangat banyak, Brigjend Pol. Basarudin melarang untuk dilanjutkan aksi 1000 lampion tersebut.

“Kita melarang keras masyarakat merayakan pelepasan 1.000 lampion untuk malam pergantian tahun di puncak Gunung Merapi,” jelas Brigjend Pol. Basarudin ( 31/12)

Kapolda menjelaskan, memang, pihak panitia sudah melaporkan kegiatan pelepasan 1.000 lampion ke Polres Padang Panjang dan Bukittinggi, namun pihak kepolisian setempat tidak memberi izin.

“Mereka meminta izin ke Polres setempat, namun Kapolres tidak mengizinkan kegiatan tersebut,” terang Basarudin
Saat ini, Pintu masuk ke Gunung Marapi di Koto Baru sudah dijaga ketat oleh pihak Kepolisian. Jika ada yang mencoba masuk atau menerobos akan ditindak tegas.

Putra


×
Kaba Nan Baru Update