Notification

×

Iklan

Iklan

MUSRENBANG AJANG MENYERAP ASPIRASI MASYARAKAT

25 Januari 2017 | 21:43 WIB Last Updated 2017-01-25T14:43:39Z

Padangpanjang--Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis meminta kepada masyarakat dan aparatur Kelurahan di kota setempat, untuk memanfaatkan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan, sebagai ajang menyerap aspirasi masyarakat.

“Musrenbang kelurahan ini merupakan tindaklanjut dari usulan-usulan rencana pembangunan tingkat RT yang dihimpun oleh Ketua RT dan disampaikan oleh fasilitator Kelurahan kepada Camat, Lurah, Anggota DPRD dan perwakilan OPD yang hadir,” kata Hendri Arnis menyikapi pelaksanaan Musrenbang Kelurahan yang telah dilaksanakan di Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Sigando, Selasa (24/1).

Dalam Musrembang, lanjut Hendri Arnis, pengusulan kegiatan Musrenbang ini dibagi tiga kategori yakni bidang fisik, bidang ekonomi dan bidang sosial budaya.  Sementara itu, di Kelurahan Pasar Baru pada bidang fisik terdapat 20 usulan bidang ekonomi 8 usulan dan bidang sosial budaya sebanyak 26 usulan.

“Usulan-usulan Musrenbang tingkat kelurahan ini, kemudian dihimpun dan diseleksi yang nantinya akan dibawa pada Musrenbang tingkat kecamatan,” sebutnya.

Hendri Arnis juga menyampaikan, untuk kelurahan-kelurahan lain yang ada di Padangpanjang, pihak kelurahan dan tokoh masyarakat setempat harus aktif mengusulkan berbagai program yang diajukan. Sehingga, program-program unggulan yang telah disaring tersebut, akan diajukan ke tingkat kecamatan dan tingkat kota.

“Kita juga berharap, kegiatan Musrembang jangan hanya sekedar kegiatan seremonial dan program copy-paste dari tahun sebelumnya. Sehingga, pas ada permasalahan atau ada pembangunan yang lebih menonjol di suatu daerah, masyarakat baru menyadari kalau mereka kurang aktif dalam program Musrenbang. Meskipun, hak masyarakat untuk dilayani program pembangunan oleh pemerintah daerah, sebenarnya sama,” ungkapnya. (Kenzie)


×
Kaba Nan Baru Update