Notification

×

Iklan

Iklan

871 SISWA-SISWI MADRASAH TANAH DATAR IKUTI AKSIOMA DAN KSM 2017

25 Februari 2017 | 00:22 WIB Last Updated 2017-02-25T07:44:08Z

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (Aksioma) Tahun 2017 dan Kompetesi Sains Madrasah (KSM) yang diikuti oleh 871 orang siswa/siswi Madrasah se kabupaten Tanah Datar bertempat di MAN 2 Batusangkar, Kamis (23/2).

Pembukaan Aksioma dalam rangka mempersiapkan untuk ke tingkat provinsi ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenang Syamsul Arifin, Forkopimca Lima Kaum, Kepala Madrasah Aliyah, Madrasah Tasnawiyah, dan Madrasah Ibtidaiyah se Tanah Datar serta para guru dan siswa/siswi yang akan ikut berlomba Aksioma.

Aksioma tingkat Madrasah ini dilaksanakan secara rutin dua kali setahun mulai dari tingkat kabupaten, propinsi sampai tingkat nasional, kabupaten Tanah Datar sudah dua tahun berturut-turut juara umum kegiatan Aksioma tingkat Sumatera Barat yaitu tahun 2012 dan 2014 dan tahun 2016 juara II, mudah-mudahan tahun 2018 nanti Tanah Datar kembali dapat merebut juara umum Aksioma tersebut kembali, ujar Kakan Kemenang Syamsul Arifin dengan penuh keyakinan.

Pada saat ini kami melakukan seleksi di tingkat kabupaten Tanah Datar dengan jumlah peserta untuk Asioma sebanyak 576 orang siswa-siswi terdiri dari  MA  256 siswa, MTs 300 siswa dan MI 10 siswa, dan 295 orang siswa-siswi mengikuti KSM terdiri dari MA 89 siswa, MTs 182 dan MI 24 siswa, ulas Syamsul.

Aksioma kali ini dengan kegiatan antara lain, bulu tangkis, tenis meja, atletik, MTQ, Pidato Bahasa Ingris, Kaligrafi, dan Pidato Bahasa Arab dan KSM dengan materi Kimia, Fisika Geografi, Biologi, Matematika dan ekonomi, pungkas Syamsul.

Sementara itu Wabup Zuldafri dalam sambutannya mengatakan, kegiatan berbagai lomba dan pertandingan pada Aksioma ini sangat bermanfaat untuk pembinaan generasi muda, sebab dengan berolah raga akan dapat menjadikan fisik seseorang sehat dan dapat  menimbulkan semangat juang yang tinggi dan percaya diri, sehingga juga akan menunjang prestasi dalam bidang pendidikan.

Pada pelaksanaan Aksioma ini diharapkan berlombalah dengan sportif, tunjukan jiwa sportifitas yang tinggi dan juga untuk KSM, bagi yang kalah agar dapat mengakui keunggulan lawan dan yang juara jangan sombong dan cepat puas dengan kemenangannya itu, sebab para juara ini nantinya akan diutus untuk mengikuti Aksioma tingkat propinsi.

Melalui kegiatan olah raga dan seni sangat banyak manfaat yang dapat diambil, bukan saja berlomba tetapi melalui kegiatan ini akan membentuk sikap mental kita menjadi seseorang yang disiplin, sportifitas yang tinggi serta saling menghargai.  Untuk itu diharapkan melalui kegiatan Aksioma akan dapat menghindarkan kita dari perbutan negatif, kita tentang semua perbuatan maksiat itu.

Wabup Zuldafri juga mengajak siswa Madrasah berada pada barisan terdepan untuk menentang segala bentuk perbuatan maksiat seperti konsumsi Narkoba, kenakalan remaja, pornografi dan sebagainya. (putra/eri)
×
Kaba Nan Baru Update