Notification

×

Iklan

Iklan

WISATA PHOTOGRAPHY : DESTINASI BARU WISATA PADANG PANJANG

01 Februari 2017 | 16:31 WIB Last Updated 2017-02-01T22:50:17Z

Padang Panjang - Menikmati kota kecil di kaki Gunung Singgalang dan Gunung Marapi ini memang tiada habisnya . Dikelilingi bukit hijau dan udara sejuk yang senantiasa mewarnai keseharian kita, menjadikan kota ini layak untuk dikunjungi. 

Tidak hanya alamnya, adat dan budaya Minangkabau juga begitu kental terasa dalam kehidupan masyarakat Padang Panjang. Dan jika Anda adalah penghobi dunia fotografi, maka Padang Panjang layak Anda masukkan dalam daftar kunjungan Anda. 

Merespon banyaknya kunjungan fotografer ke Padang Panjang untuk berburu pemandangan landscape dan human interest. Pemko Padang Panjang berusaha untuk mengemas potensi tersebut dalam sebuah Wisata Minat Khusus dalam kemasan Wisata Photography.

Berikut adalah beberapa objek alam , budaya , dan human interest yang bisa direkomendasikan untuk diburu oleh pecinta fotografi;

1. Silek Lanyah


Silek Lanyah, sebuah atraksi Silat yang bisa dilihat di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.Silek Lanyah merupakan suguhan utama Desa Kubu Gadang. Dan melihat pertunjukkan Silat mungkin menjadi sebuah tontonan yang sangat seru, tapi akan lebih seru lagi jika atraksi Silek dilakukan di lapangan berlumpur.Sekaligus bisa dijadikan objek foto yang luar biasa.

2. Tukang Apa ( Pandai Besi )

Setelah Silek Lanyah berhasil mencuri perhatian pecinta photography kali ini Dinas Pariwisata akan mencoba mengangkat salah satu warisan Budaya yakni " Tukang Apa" atau pandai besi yang saat ini sudah mulai langka ditemukan di berbagai daerah, padahal pandai besi merupakan simbol kemajuan sebuah peradaban pada masa dahulu yang saat ini mulai tergerus oleh zaman.

Tukang Apa ( Foto : Mevi Rosdian)

Dinas Pariwisata melirik ini setelah ada masukan dari komunitas fotografi antara lain dari Mevi Rosdian dan kawan-kawan. Mevi  menjelaskan bahwa efek cipratan bunga besi sangat potensial untuk dieksplore menjadi wisata foto. Dan baru-baru ini turis dari Taiwan sudah mengunjungi Pandai Besi di Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur. Kedepannya diharapkan dengan adanya minat turis mancanegara menikmati wisata foto tersebut akan juga memancing wisatawan nusantara yang hobi fotografi.

Sementara Mak Katik sangat senang dikunjungi turis tersebut karena selama ini pandai besi sudah mulai ditinggalkan masyarakat seiring kemajuan teknologi Walaupun Tukang Besi ini banyak melayani onderdil bendi seluruh Sumatera Barat apalagi kedatangan turis tersebut kadang meninggalkan tips karena kepuasan merekan terhadap aktivitas dan keramahan pandai besi tersebut.

3. Tobong Kapur - Bukit Tui 


Satu lagi objek foto yang layak untuk dikunjungi. Tobong Kapur di wilayah perbukitan Bukit Tui. Aktifitas keseharian para pekerja kapur di Tobong pembakaran kapur adalah objek human interest yang menghasilkan foto yang cukup memberi makna. 

4. Lansekap Pemandangan Perbukitan 


Padang Panjang dianugerahi alam perbukitan hijau yang menawan. Tak akan mengecewakan bila Anda meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam Kota Padang Panjang sambil mengabadikan dalam aktifitas fotografi.
Waktu yang ideal adalah ketika matahari terbit dan matahari tenggelam. 

Tunggu apalagi...ayo hunting objek foto di Padang Panjang!

Inyong Budi 


×
Kaba Nan Baru Update