Notification

×

Iklan

Iklan

BUNGA BANGKAI AMORPHOPHALLUS TITANUM TUMBUH DI NAGARI TAMBANGAN TANAH DATAR

11 Mei 2017 | 20:03 WIB Last Updated 2017-05-11T13:21:51Z
Amorphophallus Titanum di Nagari Tambangan (foto: Inyong Budi)
Tanah Datar - Sebuah momen langka terjadi di Nagari Tambangan - Kecamatan X Koto - Kabupaten Tanah Datar.  Bunga Bangkai Raksasa atau yang dikenal dengan nama latin Amorphophallus titanum tumbuh di tengah hutan Jorong Sungai Rayo - Pandam Rawang .

Bunga ini belum tumbuh mekar sempurna, diperkirakan akan mencapai puncaknya seminggu lagi. Bunga yang nampak indah merekah ini tersembunyi di perbukitan dekat Air terjun Sarasah yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Nagari Tambangan.

Para pengunjung yang kebetulan datang ke air terjun Sarasah dapat menikmati momen langka ini.Namun untuk mencapai posisi dimana bunga Amorphophallus titanum ini berada memang membutuhkan tenaga dan keberanian ekstra. Karena kondisi jalan untuk mencapainya curam dan licin. Dan bersyukur, berkat tekad yang kuat kru pasbana.com dapat mencapainya dan berusaha mengabadikannya , pada Kamis ( 11/5 ) saat melakukan Program Jelajah Nagari.

Nampak sebagian pengunjung Air Terjun Sarasah yang berhasil mendaki ke tempat dimana bunga tersebut,  memanfaatkan momen langka ini dengan berfoto selfi disamping bunga tersebut.

Nining , seorang pengunjung asal Padang Panjang yang berhasil mencapai keberadaan bunga bangkai tersebut merasa puas bisa menyaksikan momen langka tersebut. " Tidak sia-sia perjuangan saya mendaki jalan yang curam dan licin , akhirnya bisa melihat langsung bunga bangkai yang langka ini, " ungkapnya.

Seorang pengunjung berfoto selfi disamping bunga bangkai.
Bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau batang krebuit dengan nama latin Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan ( Araceae) dan tumbuhan endemik dari Sumatera.  Tumbuhan ini dapat menghasilkan bunga setinggi 3 m lebih.

Sebutan bunga bangkai  berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Jika Anda penasaran akan momen langka ini, usahakan untuk segera mengunjunginya di Nagari Tambangan. Karena biasanya Bunga  Bangkai Raksasa  mampu mekar tidak lama . Kurang lebih mampu bertahan sekitar satu hingga dua minggu. Saat ini, tinggi bunga bangkai tersebut telah mencapai kurang lebih 2 meter.

Meski bunga Amorphophallus titanum adalah bunga endemik Pulau Sumatera, namun tumbuhnya tidak bisa dipastikan waktu dan tempatnya. Untuk itu, kru PASBANA.com berusaha mengabadikan dalam video berikut ;





Inyong Budi


×
Kaba Nan Baru Update