Notification

×

Iklan

Iklan

Pembukaan Jambore PKK, Camat se Kabupaten Tanah Datar Tampi Bareh

11 Mei 2017 | 21:38 WIB Last Updated 2017-05-11T14:38:52Z


Tanah Datar -- Jambore PKK se Kabupaten Tanah Datar dimulai, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi disaksikan Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, saat pembukaan secara resmi oleh Bupati Tanah Datar itu di Lapangan Bumi Perkemahan belakang Istano Basa Pagaruyung, Kamis (11/05).

Jambore PKK se Kabupaten yang diikuti oleh empat belas kecamatan tersebut berlangsung selama empat hari dari tanggal 10 hingga 13 Mei mendatang. Jambore pertama pasca dilantiknya Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma ini mengusung tema “Melalui Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017 Kita Optimalkan Peran Dasawisma Sebagai Ujung Tombak Pelaksanaan Gerakan Menuju Keluarga Sehat, Berkarakter, Bahagia dan Sejahtera,”.

Jambore PKK se Kabupaten yang diikuti oleh 480 kader yang terdiri dari 60 kader dari kabupaten dan 420 kader kecamatan dan nagari ini melakukan berbagai kegiatan dan lomba seperti tekhnical meeting, simulasi penanggulangan bencana, sholat shubuh berjamaah dan kultum, senam pagi, magrib mengaji, seminar pembinaan karakter, dan kegiatan lomba program dan out bond.

Untuk jenis lomba program yang dibagi menurut pokja ini melakukan serangkaian kegiatan seperti sekretariat yaitu pembuatan leaflet, pokja satu lomba asmaul husna, lomba manjujai. Pokja dua lomba stand bazar UP2K PKK, lomba penampilan bakat. Pokja tiga lomba membuat makanan kudapan/snack dari bahan lokal, lomba membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Sedangkan untuk pokja empat mengadakan lomba penyuluhan, lomba pelaporan pelaksanaan iva tes dan lomba tapak perkemahan.


Sedangkan yang paling menarik dan unik pada saat acara pembukaan dan mendapatkan tepukan serta sorak riuh dari semua peserta dan pengunjung adalah kegiatan out bond manampi bareh yang dilakukan oleh seluruh camat beserta isteri sambil bergoyang diiringi alunan musik. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh kaum perempuan ini ternyata tidak sulit dilakukan kaum lelaki seperti yang dilakukan oleh pak camat ini.

Kegiatan out bond lain yang juga tidak kalah menarik akan dilaksanakan selama jambore ini adalah penampilan yel-yel, pesan berantai, balon dangdut, serta sepak bola pakai sarung.

Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah pada saat pembukaan tersebut sampaikan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memantapkan program dan kegiatan gerakan PKK dengan mengefektifkan manajemen kelembagaan dan operasional dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri dan keluarga sehat dan sejahtera yang berkualitas, ucapnya.

Kedepan dari kegiatan jambore ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK, sambung Emi.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi selaku Pembina TP-PKK Kabupaten dalam sambutannya sampaikan bahwa kegiatan ini berkaitan dengan pelaksanaan 10 program pokok PKK maka jangan hanya dilaksanakan secara seremonial belaka dan dilakukan pada saat lomba saja namun harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, ucap Irdinansyah.

Tujuan jambore adalah untuk memantapkan kegiatan PKK dengan mengefektifkan penguatan dan manajemen kelembagaan dan operasional gerakan PKK dan mewujudkan keluarga sejahtera yang mandiri maka kegiatan ini hendaknya dapat mewujudkan kebersaman antara Tim Penggerak PKK dan Para Kader untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, pungkasnya.

Jambore PKK merupakan sebuah prestasi dan wujud sebuah penghargaan terhadap kader yang telah menjalankan perannya di masyarakat tanpa kenal lelah dan pamrih dalam membantu pemerintah memberdayakan dan mensejahterakan keluarga, tambah Irdinansyah.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Ny. Retri Zuldafri Darma, Kapolres Tanah Datar, kepala OPD lingkup Pemkab Tanah Datar, Polsek se Kab. Tanah Datar para kader dan tamu undangan lainnya. (Hp)
×
Kaba Nan Baru Update