Notification

×

Iklan

Iklan

SMPIT AL HIJRAH HADIR UNTUK PENDIDIKAN BERKUALITAS BERBASIS AGAMA DAN BUDAYA ABS -SBK

28 Mei 2017 | 13:20 WIB Last Updated 2021-06-18T09:34:40Z

Pasbana.com - Sejak berkumpulnya sekelompok pelajar dan para alumnus dari berbagai Universitas di Sumatera Barat, Nasional bahkan Internasional yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda namun mempunyai visi misi yang sama untuk memajukan pendidikan yang berkarakter, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Mulai dari saat itu muncul gagasan bahwah suatu saat nanti penting didirikan lembaga pendidikan agama berkualitas tinggi di Ranah Minang, yang memadukan antara nilai-nilai agama dan adat, yang berfilosofi kepada adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah, syara’ mangato adat mamakai.

Sekelompok pelajar ini berfikir setelah lama diperantauan, melihat kemajuan pendidikan di daerah rantau terutama di ibu kota Jakarta bahkan di luar negeri. Perkembangan tersebut masih jauh meninggalkan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Sumatera Barat. Padahal Sumatera Barat adalah pusat pendidikan agama Islam di Indonesia tempo dulu.

Untuk saat ini desakan dan dorongan untuk mendirikan Yayasan dan lembaga pendidikan itu semakin kuat, dengan sudah mulainya tumbuh sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan dengan latar belakang serta visi misi yang sama seperti Perguruan Islam Ar Risalah di Padang, Insan Cendikia Boarding School (ICBS) di Payakumbuh, maka setelah berunding dan bermusyawarah perlu kiranya pengembangan ini dilaksanakan untuk memajukan pendidikan berkarakter di Sumatera Barat secara massif di kabupaten kota se-Sumatera Barat.  


Seiring dengan keinginan tersebut tenyata Allah Swt bukakkan jalan, diwaktu yang bersamaan team yang terdiri dari sekolompok ilmuan dan cendikiawan muslim ini ditawari oleh pemilik Yayasan PEMDA yang saat itu berstatus sebagai Yayasan yang mewadahi pendidikan setingkat SLTA yang diberi nama dengan SMK Pemda. Yayasan yang berdiri semenjak tahun 1985 ini sudah lama merintis pendidikan berbasis swasta dan bersaing dengan SLTA negeri lainnya, khususnya di Padang Panjang. Namun, semenjak dua sampai tiga tahun belakangan, terjadinya krisis estafeta pelanjut risalah SMK Pemda ini dengan terasa bertambah berkurangnya peminat dari peserta didik untuk bersekolah di SMK tersebut. Maka, Yayasan PEMDA ini meminang team kami untuk mengelola dan memberikan kepercayaan penuh untuk mengembangkan sekolah yang sudah ada bangunan dan tanah yang luasnya lebih kurang sekitar 18.000 m2 atau 1.8 hektar.

Akhirnya, setelah diramu dalam bentuk gagasan, mereka yang sudah memilki pengalaman beragam tersebut sepakat menerima pinangan itu dan memberikan usulan kepada Yayasan PEMDA untuk mengganti nama yayasan dan dikonsentrasikan kepada pengembangan sekolah berbasis asrama (Boarding School) setingkat SLTP.

Setelah persetujuan kedua belah pihak, maka didirikanlah sebuah yayasan Islam dengan konsep pengembangan karakter islami berbasis kebudayaan minangkabau yang sangat kental dengan nilai-nilai keislamannya. Maka pada hari Sabtu, 15 April 2017 M bertepatan dengan 18 Rajab 1438 H di Padang Panjang Sumatera Barat berdirilah sebuah Yayasan dengan nama Yayasan Pendidikan Al Hijrah yang terdaftar secara resmi pada pegawai notaries RAHIMA MELANI, SH. M.Kn No 25 tanggal 22 Mei 2017. Program utama yang pertama adalah mendirikan sekolah berbasis pesantren yang diberi nama SMP IT AL HIJRAH.



Semenjak itu, sturktur Yayasan yang lamapun diganti dan dirobah bersamaan disahkannya oleh akta notaris yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maka, struktur organisasi yang tadinya Yayasan Pembangunan Daerah (PEMDA) bertambah menjadi Yayasan Pendidikan Al Hijrah, terbagi menjadi tiga pembahagian, dengan rincian sebagai berikut :

I.Pembina Yayasan:
Ketua: H. Rizal Hidayat, M.Pd
Anggota: 
  Sony
  Dedi Kardi
  Arsis
  Gusmaizal


II.Pengurus Harian Yayasan:
Ketua: Drs. Irfan Saumi, M.Pd
Sekretaris: H. Abu Hanifah, Lc
Bendahara: H. Mastoti


III.Pengawas Yayasan:
Ketua: Roni Afdhal
Anggota: 
  Anton Timur
  Syahrul
  Mindani
  Heldi


Selanjutnya, Yayasan Pendidikan Al Hijrah yang baru berdiri sangat muda ini, akan mengembangkan kedepan dalam berbagai lini kemasyarakatan dan kebutuhan ummat, karena kami yakin bahwa kebaikan akan melahirkan kebaikan, maka begitulah seterusnya. Sesuai juga dengan sabda Rasulullah Saw : “Khairunnas Anfa’uhum Linnas”. Maka untuk saat ini yayasan berfikiri bidang pendidikan adalah bidang pengabdian yang sangat strategis bagi masa depan ummat, maka disepakatilah untuk memulai kegiatan Yayasan pada bidang ini. Seterusnya dibukalah fungsi dan tugas yayasan untuk pertama kalinya dengan lembaga pendidikan yang kita beri nama dengan SMP IT AL HIJRAH.

Insya Allah pada tahun ajaran 2017/2018 ini akan dimulai proses belajar mengajar dengan kapasitas lokal khusus putra satu lokal pertingkatnya, mulai dari kelas 7 sampai kepada kelas 9.


Pendirian SMPI IT AL HIJRAH berdiri dilatar belakangi oleh :

1.Kemerosotan moral masyarakat secara luas dan khususnya generasi muda.

2.Krisis lembaga pendidikan Islam berkualitas di Sumatera Barat, sementara wilayah ini adalah tempat belajar agama islam sangat prestisius selama beberapa decade yang lalu.

3.Langkanya ulama yang menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat, dan ini terjadi di banyak wilayah di Sumatera Barat.

4.Menghimpun sumber daya manusia berkualitas, alumni universitas Islam dalam dan luar negeri yang masih terpncar di berbagai wilayah di luar Sumatera Barat.

5.Mengembalikan peran ranah minang sebagai pencetak ulama di Nusantara yang berfilsofi kepada “Adat basandi syara’ – syara’ basandi kitabullah” (Mambangkik Batang Tarandam) .

6.Adanya pemikiran bahwa sekolah berasrama tidak lagi menjadi pilihan utama oleh para orang tua dan siswa, namun pilihan terakhir setelah tidak diterimanya lagi di sekolah-sekolah negeri.

7.Menjawab keinginan dan desakan sebahagian orang tua siswa dan masyarakat untuk sudah saatnya dibuka sekolah yang berlatar belakang serta visi misi yang sama dengan sekolah-sekolah dan pesantren lainnya yang disebutkan di atas tadi, karena terbatasnya kuota penerimaan, maka ini adalah bentuk ekspansi serta pengembangan yang menyeluruh  .


B.Fasilitas 
1.Asrama
2.Mushalla 
3.Gedung Belajar
4.Laboratorium
5.Catering
6.Loundry
7.Lapangan Olahraga


C.Program Penunjang
1.Tahfizh
2.Halaqah Tarbiyah / Karakter Bulding
3.Muhadarah
4.Intensif Bahasa (Arab dan Inggris)
5.Intensif sukses UN
6.Study Luar Negeri (Sister School)
7.E-learning (Quipper School)
8.Kepanduan dan Pramuka
9.Life Skill (Pidato, Musik, Eloktronika dan IT)
10.Outbond
11.Study Club Sains dan Al Qur’an
12.Apresiasi Seni Islam (Nasyid, Kaligrafi, Teater)
13.Extrakulikuler (Beladiri silat tradisi, Badminton, Volly Ball, Footsall, Randai)


D.Program Unggulan

Dari sekian banyak program penunjang yang telah disebutkan di atas tadi, maka SMP IT Al Hijrah juga melahirhan program unggulan yang akan tumbuh dan berkembang menjadi icon atau ciri khas dari sekolah itu sendiri. Diantara program-program unggulan tersebut antara lain :

1. Program Intensive bahasa asing yang difokuskan kepada dua bahasa, yaitu bahasa arab dan bahasa Inggris. 

Dilaksanakan dalam bentuk studi komperatif yang berujung kepada party dan aplikasi ke luar negeri, menyesuaikan kunjungan ke Negara-negara yang memiliki nilai education dan budaya yang tinggi seperti ; Malaysia, Singapura, Mesir, Arab Saudi dan Negara-negara terkenal lainnya. Dengan tujuan membuka cakrawala dan pola pikir siswa kita untuk siap bersaing di masa akan datang.

2.Program Tahfizh dan hafalan Al Qur’an, sebagai pondasi dasar bagi siswa kita dalam membentengi dirinya dengan membaca, menghafal dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari. Agar terciptanya generasi penuh berkah, qur’ani dan rabbani. Dengan sistim dan target yang kita peruntukkan bagi siswa minimal 2 juz pertahunnya. Sekaligus menjadi syarat kenaikan kelas disetiap tahun nantinya.

3.Program Halaqah Tarbiyah, atau yang kita kenal juga dengan bimbingan iman dan taqwa. Salah satu bentuk program unggulan yang kita rancang dengan sistem mentoring perkelompok, dibimbing dan dibina oleh satu orang pembimbing yang beranggotakan siswa maksimal 12 orang perkelompok. 

Dengan tujuan agar terbentuknya karakter dan memelihara kepribadian serta akhlak siswa, mengevaluasi amalan-amalan harian, ibadah dan belajar siswa, agar terkoordinir dan lebih disiplin, membangkitkan semangat dan kepercayaan diri siswa sebagai insan yang diciptakan sempurna dan memiliki potensi diri yang berbeda-beda.



E.Alamat Sekolah

Jalan Sutan Syahril, No 24, RT 18, Kelurahan Silaiang Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

F.Visi dan Misi

Visi :
Beriman, Cerdas, Berbudaya Lingkungan dan Berwawasan Global


Misi :
1.Melaksanakan bimbingan Iman dan Taqwa dalam rangka penguatan spiritual peserta didik.

2.Mengembangkan kurikulum yang adaptif dan proaktif.

3.Melaksanakan pembelajaran yang efektif, inovatif dan kreatif.

4.Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dalam bentuk pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.

5.Membiasakan peserta didik untuk berbahasa asing dalam bentuk aplikasi penguasaan zaman untuk menaklukkan peradaban.

6.Menumbuhkan minat peserta didik dengan nilai-nilai kebudayaan yang berkarakter kebangsaan dan kepekaan dengan lingkungan sekitar.

7.Menjalin kerjasama yang strategis antar warga sekolah dan lembaga lain, baik Nasional maupun Internasional.


G.Motto
Membangun Generasi Penuh Berkah, Qur’ani dan Rabbani”


Adv.

×
Kaba Nan Baru Update