Notification

×

Iklan

Iklan

I'tikaf 1000 Remaja Padang Panjang Berlangsung Lancar Dan Sukses

16 Juni 2017 | 18:10 WIB Last Updated 2017-06-16T11:13:15Z

PADANG PANJANG-- Tekad mewujudkan generasi muda Padang Panjang yang berkualitas, beriman, dan bertaqwa terus digalakkan Pemko Padang Panjang. Bertajuk kegiatan iktikaf 1000 remaja  diangkat oleh Pemko Padang Panjang dan Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Padang Panjang . Sejauh ini program pembinaan remaja ini berjalan sukses.

Acaranya yang bertempat di Masjid Raya Jihad ini dimulai pada hari Kamis (15/6) dan  pukul 19.00 WIB seluruh peserta melakukan registrasi ulang. Usai melaksanakan sholat Isya' dan sholat tarawih, acara dilanjutkan dengan pembukaan I'tikaf oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Kabag Kesra, Eri.

Dalam sambutannya Kabag Kesra Kota Padang Panjang, Eri  mengatakan bahwa Pemko sangat mengapresiasi kegiatan I'tikaf Remaja ini. " Mengingat kegiatan ini adalah yang perdana  maka Pemko baru bisa memfasilitasi 1 malam, semoga ke depan bisa 10 malam, " jelas Eri.

Sementara itu, Ketum BKPRMI Kota Padang Panjang Kasbi, S.PdI dalam sambutannya,  mengatakan bahwa kegiatan 1 malam ini bertujuan menjelaskan dan memperkenalkan I'tikaf kepada remaja dan kawula muda. " Dengan adanya kegiatan I'tikaf ini diharapkan bisa dilanjutkan oleh remaja-remaja ini di Masjid lingkungan masing-masing, " ungkap Ustadz Kasbi.

Setelah pembukaan secara resmi, maka semua peserta I'tikaf mendapatkan materi Fiqh I'tikaf yang disampaikan oleh SEKUM BKPRMI Kota Padang Panjang Yasarman, M.PdI. Selanjutnya peserta I'tikaf melakukan tilawah Al-Quran selama I'tikaf minimal 1 juz. Lalu semua peserta I'tikaf melanjutkan agenda pribadi seperti shalat sunat, tilawah, dan istirahat.

Tepat pukul 02.00 WIB,  semua peserta I'tikaf melaksanakan Salat Tahajjud sampai pukul 04.00 WIB ,  dan dilanjutkan dengan sahur bersama. Sebagai menu sahur adalah nasi kotak yang telah disediakan oleh Pemko Padang Panjang. Setelah salat subuh, acara dilanjutkan dengan pembagian Doorprize 

Dalam kegiatan I'tikaf Perdana ini, sebagai peserta adalah perwakilan remaja Masjid se-Kota Padang Panjang. Dari segi usia, para peserta cukupIti bervariasi  terdiri dari siswa siswi SD, SMP, SMA, sampai MAHASISWA dan MAHASISWI. Jumlah peserta I'tikaf lebih kurang 500 an orang. Meski baru setengah dari target yang direncanakan, namun acara berlangsung lancar dan sukses.

Menjelang siang hari, acara I'tikaf 1000 Remaja ini ditutup secara resmi oleh KETUM BKPRMI  Kota Padang Panjang Kasbi, S.PdI. Ustadz Kasbi berpesan agar kegiatan I'tikaf ini dilanjutkan di masjid masing-masing hingga akhir Ramadhan 1438 H ini. Agar keutamaan Malam Lailatul Qadar dapat diraih.

Kasbi/Put




×
Kaba Nan Baru Update