Notification

×

Iklan

Iklan

KPPU WILAYAH MEDAN BERSAMA FORUM JURNALIS SE-KOTA PADANG PERANGI PELAKU USAHA TIDAK SEHAT

07 Juni 2017 | 18:16 WIB Last Updated 2017-06-07T11:16:37Z




PADANG - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Medan menggelar kegiatan Forum Jurnalis se-Kota Padang, Selasa (7/6) kemaren. KPPU membahas tentang memerangi pelaku usaha tidak sehat. 

Forum ini sekaligus sosialisasi tentang KPPU, bagaimana KPPU bekerja. Kepala Kantor KPPU Perwakilan Daerah Medan Abdul Hakim Pasaribu, didampingi Kabag Penegakan Hukum Wilayah Medan, Ridho Pamungkas mengatakan, Tugas KPPU sendiri, intinya antara lain melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran Undang Undang (UU) yang menyangkut kartel, persaingan persengkongkolan.

"Di Sumbar lumayan banyak ada 7 laporan, Sumut sebanyak 3 laporan dan 4 laporan kasus persekongkolan," tegas Abdul Hakim Pasaribu.

Sejak KPD Medan berdiri dari tahun 2004 hingga 2016 terdapat 38 perkara yang telah ditangani untuk wilayah KPD Medan, dan untuk saat ini (2017) terdapat 2 perkara berjalan di Wilayah Kerja KPD Medan.

Kedepan, ia menyebut KPPU lebih mengutamakan penegakan secara preventif, jadi tidak law enforcement (penegakan hukum) dan juga mendorong praktek anti persaingan.

KPPU juga mempelajari kebijakan di daerah. Kalau ada kaitannya dengan prinsip-prinsip persaingan usaha maka KPPU akan merekomendasikan.

“Artinya alangkah baiknya Pemprov Sumbar sejak awal dalam memproses kebijakan, KPPU dilibatkan” terang Abdul Hakim Pasaribu.

Terkait perkara retail modern Transmart, seluruh persoalan retail modern menjadi kewenangan pemerintah daerah, tetapi perlu memperhatikan analisis dampak lingkungan.

Abdul Hakim mengingatkan retail modern untuk tiga komodity Minyak goreng, gula dan daging yang tetap merujuk harga eceran tertinggi, jangan sampai melebihi HET.

"Kegiatan ini sebagai ajang untuk silaturahim untuk mensosialisaikan MoU dengan penegak hukum. Juga sebagai salah satu agenda dalam mempererat silaturahim dengan insan pers. Dan kami berharap kami akan terus berkiprah dalam mewujudkan Sumbar Bebas Kartel," jelas Abdul Hakim.

Belasan awak media hadir memeriahkan kegiatan forum jurnalis dan buka bersama. Juga masing-masing 25 anak panti asuhan yang bertempat di Hotel Grand Zuri Padang. (Ade)
×
Kaba Nan Baru Update