Notification

×

Iklan

Iklan

MENATA MASA DEPAN ADAT MINANGKABAU

16 Juni 2017 | 11:24 WIB Last Updated 2017-06-26T05:41:16Z



Oleh
 Muhammad Jamil.S.Ag Labai Sampono

Pasbana.com -- Sudah menjadi pemahaman ditengah masyarakat Mnangkabau-Sumatera Barat, bahwa Nagarinya diatur dalam ketentuan adat yang sudah sejak turun temurun. Adat adalah bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan sampai saat ini.“Dima langik dijunjuang di sinan Bumi dipijak”, artinya dimanapun orang Minangkabau berada harus menyesuaikan diri dengan ketentuan adat yang berlaku sejak ia dinamakan manusia.

Adat adalah bagian yang tak terpisahkan dalam kepribadian orang Minang, “ Adat istiadat, adat nan diadatkan, adat nan teradat dan adat nan sabana Adat “ begitu pula dengan agama Islam. Postulat adat yang berlaku dalam mengatur masyarakat Minangkabau adalah, “Adat Basandi Syarak Syarak basandi Kitabullah, Syarak mangato adat mamakai.” Artinya adat yang dipakai di Minangkabau adalah penjewantahan dari ajaran Islam. Adalah hal terpantang bagi anggotamasyarakat bila ia dikatakan tidak beradat apalagi  bila dikatakan tidak beragama, meskipun kadangkala adaprilakunya tidak sesuai dengan adat dan syarak (Islam) itu sendiri.

Untuk melestarikan adat tersebut maka setiap anggota masyarakat Minangkabau, harus saling topang menopang:

 Syari’at pandang nan nyato,
hakikat lurahnyo dalam,
Bahimpun adat jo agamo
sehat rohani lua jo dalam.”
“Simuncak mati tarambau,
Kaladang mambao ladiang
Lukolah pao kaduonya,
Adat jo sarak Minangkabau,
Umpamo aua jo tabiang,
Sanda manyanda kaduonyo

“ Pariangan manjadi tampuak tangkai,
Pagaruyuang pusek Tanah Data,
Tigo luak urang namokan,
Adat jo syarak ko bacarai,
Bakeh bagantuang nan alah patah,
Tampaek bapijak nan alah taaban,

Pepatah adat ini tidak asing lagi bagi pemangku adat di Minangkabau dan hampir dipastikan setiap acara adat seperti: kematian, pernikahan selalu menjadi bahan utama pidato, perkolahan, atau pasambahan. Tidak hanya sampai disitu, adalah aib bagiorang Minangkabau bila dia tidak memakaikan adat.Orang Minangkabau merasa malu kalau dia  dikatakan tidak beradat dan sangat hati hati memakaikan adat. Jika seseorang telah melanggar adat maka ia di hukum dengan  aturan adat yang berlaku dalam nagari masing masing.

Semua aturan adat tidaklah sama setiap nagari,” Lain Lubuak lain ikan, lain Padang lain Bilalang,” namun dalam setiap penentu kebijakan adat tetap berada pada satu titik yakni, Ninik mamak, penghulu atau Datuak “ nan gadang basa batuah, suluah bendang dalam nagari, pai tampaek batanyo, pulang tampaek babarito”. Tidaklah sah suatu keputusan nagari  atau adat sebelum hasilnyadimusyawarahkan dengan Ninik mamak terutamam dalam lembaga  KAN (kerapatan Adat nagari).

Artinya setiap kebijakan bersangkut, korong jo kampuang dalam masyarakat nagari sampai kepada kaum terkecil yang terdiri dari keluarga harus melalui keputusan Ninik mamak/KAN. Jika sesuatu belum disepakati oleh ninik mamak maka hasil keputusan tersebut “batal  demi adat”, atau belum menjadi Undang undang Salingka Nagari.Dengan demikian Ninik mamak adalah pelaku utama yang menentukan segala kebijakan menyangkut hajat orang banyak dalam nagari dan kaumnya. Dengan kata lain Ninik mamak atau Penghulu adalah penentu utama dalam setiap kaum di Nagari dan pengambil setiap kebijakan adat dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN)

Bak pepatah adat juga :“Penghulu Di Minangkabau, manuruik warih nan bajawek,sarato pusako nan batoloang. Kayu gadang ditangah koto, nan bapucuak sabana bulek, nan baurek sabana tunggang, batang gadang dahannyo kuek, daun rimbun buahnyo labek. Batang gadang tampek basanda, urek bakeh baselo, dahan kuek tampek bagantuang, buah labek buliah dimakan, daun rimbun tampek balinduang, tampek balinduang kapanesan, tampek bataduah kahujanan, iyo dek anak kamanakan, nan salingkuang cupak Adat, nan sapayuang sapatagak-an, dibawah payuang dilingkuang cupak, manjala masuk ka nagari.

Kapai tampaek batanyao, kapulang tampaek babarito, kusuik nan kamanyalasai karuah nan kamanjaniah, hukum adia katonyo bana, sayak landai aianyo janiah.

Elok nagari dek panghulu, elok musajik dek tuangku, rancak tapian dek nan mudo, elok rumah tanggo dek bundo kanduang. Sapakaik lahia jobatin, sasuai muluik johati. Kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo kapanghulu, panghulu barajo kamufakat, mufakat barajo kanan bana, bana badiri sandirinyo”

Inilah yang akan dipakai seorang penghulu dalam memimpin kaum dan nagari, namun harus diakui bahwa kebenaran menurut Syarak sebagai ketentuan tertinggi dalam adat dan penghulu sebagai pemegang tertinggi masih belum terlaksana dalam kepatutan “ Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah .( Islam).
       
Dari literatur adat dan Tambo Adat Minangkabau dipahami, bahwa yang dikatakan Syarak adalah ajaran Islam yakni Sunatullah dan Sunnaturrasul. Yang menjadi pertanyaan adalah, Sudahkah semua pelaksanaan adat oleh penghulu di  Minangkabau sesuai dengan  ketentuan Islam ? Jawabannya ada dalam hati masing masing pembaca

Ninik mamak punya peranan penting untuk membuat  ketentuan adat yang  selaras dengan ajaran Islam. Hal inilah menjadi dasar bagi penulis untuk menghadirkan buku ini, dan mencoba memberikan solusi dasar  menanamkan Akidah Islam sebagai pondasi masyarakat di Minangkabau ini.

“Didalam nan duo kalarasan,
Adat manjadi darah dagiang,
Syarak nan lazim ka imanan,
Adat nan kawi kamandindiang,”
“Tasindorong jajak manurun,
Tatukiek jajak mandaki,
Adat jo syarak ko tasusun,
Bumi sanang padi manjadi”

Menyadari tugas strategis Ninik mamak dalam kaum dan nagari, sudah barang tentu  ia adalah orang yang  seharusnya berpengetahuan luas “ Ba Alam Leba, Bapadang lapang”, sebab di pundaknya terletak tanggung jawab besar untuk mendidik anak kemenakan ke arah yang lebih baik sesuai dengan ketentuan Islam.

Penghulu adalahpemimpin di garda terdepan dalam memajukan kaum kususnya dan Minangkabau umumnya. Hal ini akan bisatercapai bila suatu nagari dipimpin dan dibangun olen pimpinan yang berwawasan Luas. Islam  bisa tegak, syarak bisa mangato, bila di pegang dilaksanakan oleh pemegang kepemimpinan berlandaskan Syarak itu sendiri. Artinya kemajuan suatu nagari   ditentukan oleh penghulu itu sendiri. Musatahil kalau nagrai A akan di bangun Oleh Nagari B dan sebaliknya. Jika Penghulu selaku pimpinan dipegang oleh orang yang berwawasan Adat dan Syarak maka terciptalah masyarakat nagari yang Baldatun Tayyibatun warabbun gafur, “ Padi Manjadi Jaguang maupiah, rakyat aman santoso”.

Banyak PR yang harus diselesaikan oleh penghulu, tidak hanya persoalan adat istiadat saja, namun diluar sana anak kemenakan yang biasanya santun, ramah dan berbudi sudah tergeser oleh pengaruh zaman, budaya pergaulan semakin hari makin mencemaskan.  Kalau dulu anak kemenakan belum banyak terkontaminasi, tapi sekarang, Globalisasi telah merambah sampai ke dusun terpencil, dulu anak kemenakan penghulu di nagari tidak kenal dengan Narkorba, perkosaan, selingkuh, perzinaan, Free seks, kawin antar lain agama, kristenisasi dan Murtad, tapi sekarang sudah menjadi menu harian mereka.

Lalu siapa yang disalahkan .? tentunya kita sepakat bahwa perlu mencari solusi dari persoalan tersebut melalui pembenahan generasi muda Minangkabau sedini mungkin dengan otoritas penghulu, mengarahkan anak kemenakan, kaum untuk mengisi jiwanya dengan Ajaran Islam. Masa depan adat Minangkabau akan semakin cerah, jika Ninik mamak berupaya semaksimal mungkin untuk itu.



×
Kaba Nan Baru Update