Notification

×

Iklan

Iklan

Pacu Biduak Meriahkan Festival Nagari Simawang 2017

28 Juni 2017 | 16:01 WIB Last Updated 2017-06-28T11:12:29Z

SIMAWANG - Idul Fitri 1438 H ini adalah momen yang cukup berkesan bagi masyarakat dan para Perantau Nagari Simawang. Atas prakarsa dari DPP Simawang Saiyo didukung oleh Unsur Pemerintahan Nagari Simawang, hari ini Rabu ( 28/ 6) digelar Festival Nagari Simawang yang dipusatkan di Dermaga Ombilin.

Agenda acara Festival Nagari Simawang dimeriahkan oleh beberapa acara yang cukup meriah dan menarik bagi para wisatawan. Diantaranya adalah diadakan even Pacu Biduak Di Tapian Danau Singkarak. Pacu Biduak sendiri adalah olahraga tradisional masyarakat Nagari Simawang sejak dahulu.

Khusus Pacu Biduak tahun ini diadakan dalam even berskala besar. Hal ini dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1438 H dan menyambut acara Pulang Basamo Ikatan Keluarga Tanah Datar ( IKTD ) Nusantara.

H. M. Nur Idris, SH selaku Ketua DPP Simawang Saiyo yang juga sebagai anggota DPRD Bukitinggi, menyampaikan bahwa Pacu Biduak tahun ini diikuti oleh 25 peserta untuk kategori perorangan dan 20 tim untuk kategori ganda. Dan acaranya sendiri diikuti oleh masyarakat Nagari Salingka Danau Singkarak. " Acara ini diikuti oleh Peserta Kehormatan yaitu Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas SH yang turun di kelas A kategori Ganda, beliau meraih juara 3, " jelas Nur Idris.

Acara Festival Nagari Simawang kali ini secara resmi dibuka oleh Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma. Dalam kesempatan tersebut, H.M. Nur Idris selaku tokoh Nagari Simawang berharap acara Pacu Biduak ini bisa dimasukkan sebagai kalender even tahunan Pariwisata di Kabupaten Tanah Datar. " Tahun depan kita akan mengadakan Festival Mamongek dengan menghadirkan ratusan Tungku Pangek sehingga nantinya bisa dicatat dalam Rekor MURI, " ungkap Nur Idris.

Selain acara Pacu Biduak yang akan memasuki tahap final pada sore hari, acara Festival Nagari Simawang ini juga dimeriahkan dengan Senam Massal pada pagi harinya, dan hiburan Kim pada malam harinya. Acara hiburan Kim sendiri telah disediakan hadiah utama dan hadiah hiburan yang totalnya senilai 35 Juta rupiah.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, masyarakat Perantau dari IKTD Nusantara, perwakilan 22 DPC Simawang Saiyo, dan masyarakat Salingka Danau Singkarak.

Sebagai informasi tambahan bahwa agenda Pulang Basamo para Perantau yang tergabung dalam IKTD Nusantara ini telah membelanjakan uangnya selama pulang Kampuang ini kurang lebih senilai 2 milyar rupiah. Sebuah nilai yang cukup besar dalam rangka memutar roda perekonomian di kampung halaman. (Putra)

×
Kaba Nan Baru Update