Notification

×

Iklan

Iklan

Tertunda Dari Jadwal, Pemko Janjikan Wifi Gratis Diluncurkan Pekan Ini

06 Juli 2017 | 09:25 WIB Last Updated 2017-07-06T02:25:38Z

Padangpanjang –Rencana pemasangan wifi gratis di 16 titik di lokasi strategis Kota Padangpanjang tertunda dari jadwal yang direncanakan, penundaan tersebut terkait masalah ketersediaan peralatan dan jaringan. Meskipun demikian Pemerintah Kota Padangpanjang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) pastikan pemasangan Wifi gratis tersebut dalam pekan ini.

“Memang molor dari jadwal yang direncanakan, setelah kami konfirmasi ke pihak Telkom Sumbar, masih ada peralatan yang masih ditunggu kedatangannnya dari Bandung, " ungkap Kadis Kominfo, Marwilis, Selasa (4/7) kemaren dikantornya.

Penyediaan fasilitas wifi gratis oleh Pemko Padangpanjang tersebut berdasaran hasil kerjasama Padangpanjang dengan PT. Telkom Indonesia. Wifi gratis 16 titik tersebut rencananya ditempatkan di lokasi-lokasi strategis di Kota Padangpanjang, terutama di pusat keramaian, masjid dan di sekolah-sekolah.

“Dengan adanya fasilitas wifi gratis untuk masyarakat, kita berharap bisa dimanfaatkan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan bisa  berinteraksi melalui media sosial, karena zaman digital saat ini telah beralih ke teknologi digital,” terang Marwilis.

Rencana awal Pemko Padangpanjang bersama pihak Telkom, me-launching wifi gratis tersebut pada (11-16/6) lalu, untuk tahap pertama akan dipasang di 10 titik dari 16 titik yang direncanakan.

“Tahap pertama, kesepakatan dengan pihak Telkom, akan di launching 10 titik saja di area Pasar Kuliner, Taman Mini, Masjid Jihadu, Kauman Muhamadiyah, PDIKM, MTsN Ganting, SMPN 1, SMPN 5, SMAN 1, dan SMAN 2 Padangpanjang, sedangkan untuk 6 titik lagi, pada tahap kedua, direncanakan di Pasar Pusat Padangpanjang, Islamic Center, dan lokasi-lokasi strategis lainnya,” tambah Marwilis.

Fasilitas wifi gratis tersebut di masing-masing titik berkapasitas data sebesar 20 Mbps,  selama tahun 2017, biaya akses internet, jaringan maupun kerusakan ditanggung pihak Telkom dan selanjutnya pada 2018 berikutnya, ditanggung oleh Pemko Padangpanjang. Ketersediaan wifi gratis sebagai salah satu langkah positif pemerintah daerah untuk masyarakat dalam upaya memanfaatkan teknologi informasi yang kian berkembang.

“Kita berharap setelah pemasangan fasilitas ini dan di launching, masyarakat bisa memanfaat wifi ini dengan baik, untuk hal-hal positif, yang berguna dan bermanfaat,” harap Marwilis.

Fasilitas wifi gratis di satu sisi juga sangat berarti bagi industri wisata Kota Padangpanjang,  dengan akses informasi masyarakat melalui fasilitas wifi gratis di lokasi-lokasi strategis  melalui jaringan internet yang bermuara pada sektor perekonomian di Kota Padangpanjang, dan mendongkrak kunjungan wisatawan. (Put)

×
Kaba Nan Baru Update