Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Cara Mengurangi Angka Pengangguran Di Kota Payakumbuh

31 Agustus 2017 | 10:08 WIB Last Updated 2017-08-31T03:08:17Z

Payakumbuh - Sebanyak 12 (dua belas) orang peserta Diklat Tenaga Kerja Bidang Pariwisata dan Perhotelan di Kota Payakumbuh, 02 September 2017 mendatang, diberangkatkan untuk magang di negeri jiran Malaysia.

Panitia Pelaksana Diklat dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Vita Yeva saat ditemui media online pasbana.com dalam acara melepas secara resmi pemberangkatan peserta magang, sekaligus menutup Diklat yang telah dilaksanakan selama tiga bulan, di ruang Pertemuan Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Rabu (30/8) lalu, ini adalah pemberangkatan tahap pertama dan kegiatan Diklat ini telah dimulai tanggal 09 Mei 2017 lalu, berakhir tanggal 29 Agustus 2017, dengan peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang.

Peserta Diklat ini ditempatkan di sejumlah hotel berbintang di Malaysia. Tahap pertama ini sebanyak 12 orang. Untuk keberangkatan selanjutnya, menunggu informasi dari pihak Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid sebagai mitra Pemko Payakumbuh, katanya.

Sebelumnya, walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi, dalam sambutannya mengingatkan peserta, bahwa kompetisi dunia kerja dewasa ini, tidak hanya terkait dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan saja. Tenaga kerja yang kompeten, profesional, inovatif, dan attitude yang baik sangat diperlukan. Kriteria demikian, akan menunjang produktifitas dan kinerja perusahaan dalam membangun ‘net working’ untuk meraih kepercayaan masyarakat.

Pemko Payakumbuh sangat bahagia dengan kegiatan ini, karena secara tidak langsung, semakin banyak tenaga profesional di berbagai bidang, akan semakin mengurangi tingkat pengangguran. Mudah-mudahan di masa mendatang kegiatan ini dapat terus dilanjutkan, sebut Iqbal.

Sementara itu, Kusmayadi, dari pihak STP Sahid mengatakan, kerjasama Pemko Payakumbuh dengan STP Sahid idenya berawal dari Walikota Payakumbuh, Riza falepi. “Bagaimana bisa mengurangi angka pengangguran di kota ini. Satu cara dan terobosannya antara lain dengan melatih tenaga profesional di bidang pariwisata,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu peserta magang memperagakan berpidato dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Perancis. Juga diserahkan secara simbolis sertifikat Diklat dari STP Sahid kepada Pemko Payakumbuh, kemudian Pemko Payakumbuh menyerahkan kepada perwakilan peserta. 

Penyerahan sertifikat, Iqbal didampingi Staf Ahli Walikota, Ruslayetti, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan undangan lain. Orang tua masing-masing peserta magang pun kelihatan hadir dan khidmat mengikuti acara ini sampai akhir. (Bayu Denura)

×
Kaba Nan Baru Update