Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Puisi Se-Indonesia, FPL Padangpanjang Adakan Lomba Baca Puisi

30 Agustus 2017 | 19:49 WIB Last Updated 2017-08-30T12:49:59Z


Padangpanjang-- Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, menggelar lomba baca puisi tingkat umum dengan tema “Perjuangan” di Taman Mini Kota Padang Panjang, Rabu (30/8).

Kegiatan lomba baca puisi yang diikuti oleh 63 orang peserta tingkat umum dan terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA/SMK, guru serta anggota dewan tersebut, dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 serta dalam rangka memperingati Hari Puisi Se-Indonesia.

Lomba baca puisi itu mendatangkan 3 orang juri yang terdiri dari 2 orang penyair yang terkenal yaitu Muhammad Ibrahim Ilyas dari kota Padang, dan Dr. Sulaiman Juned dari ISI Padang Panjang serta Rizal dari anggota pegiat literasi.

Muhammad Subhan selaku ketua Forum Pegiat Literasi Kota Padang Panjang menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemaikan nilai-nilai nasionalisme dan perjuangan kepada literasi muda agar bisa mewarisi perjuangan-perjuangan pahlawan kita terdahulu.

“Lomba baca puisi ini akan mengambil 3 orang juara dimana juara satu nantinya akan kami berikan sebuah trophy dan 30 buah buku, juara kedua satu trophy dan 20 buah buku, serta juara ke tiga mendapatkan satu trophy dan 10 buah buku. Buku-buku ini tentunya didapat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, dan dari buku karangan saya sendiri,” ujar Subhan.



Lebih lanjut dikatakannya, lomba ini tidak memungut biaya sedikitpun dari peserta, dan pesertapun bebas memilih satu dari tiga puisi yang telah disediakan oleh panitia dan tentunya yang bertemakan perjuangan. Anak-anak yang memenangkan lomba ini nantinya akan kami bawa untuk menjadi anggota berpuisi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, tentunya disana akan kami berikan pelajaran lebih dalam tentang cara berpuisi ini.

“Kami forum pegiat literasi mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemko Padang Panjang terutama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah sebagian besar memfasilitasi dan mensponsori kegiatan ini,” Tutupnya.

Disamping itu, Walikota Padang Panjang Hendri Arnis berharap nantinya anak-anak yang memenangkan lomba ini bisa menjadi bibit untuk mencapai lomba tingkat Provinsi, Nasional ataupun Internasional.

“Saya minta nantinya anak-anak ini dibina, diajarkan agar kedepannya menjadi anak yang pandai berpuisi dan dapat mengikuti lomba-lomba ke tingkat perlombaan yang lebih tinggi,” harap Hendri Arnis disela-sela acara sedang berlangsung. (Delma)

×
Kaba Nan Baru Update