Notification

×

Iklan

Iklan

Impikan Nagari Madani, Pemuda Kamang Hilia Dibekali Latihan Dasar Kepemimpinan

05 November 2017 | 10:47 WIB Last Updated 2017-11-05T03:47:26Z

Agam - Siapapun pasti merindukan suasana nyaman, tenteram dan sejahtera. Teringat dengan sebuah lagu kasidah 'baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur', negeri makmur dan Allah selalu Mengampuni, itulah makna dari lirik tersebut. Kerinduan itu semakin memuncak sehingga menjadi impian setiap anggota masyarakat.

Impian akan terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat telah disuarakan penuh tekad oleh pemerintah Republik Indonesia, juga oleh Bupati Agam Indra Catri. Secara tegas beliau memimpikan Nagari Madani, dimana masyarakatnya hidup maju, tumbuh berkembang dan berkarakter.

Tekad sang Bupati disambut dengan semangat dan gerak cepat oleh Wali Nagari Kamang Hilia Khudri Elhami. Tokoh masyarakat yang berpengalaman lama di PNPM telah dipercaya oleh masyarakat di Nagarinya sejak beberapa bulan lalu. Beliau segera merespon ide Nagari Madani dengan menjalankan program berbasis Sumber Daya Manusia. Dimulai dengan melatih pelaku bisnis UMKM yang dibimbing langsung oleh praktisi bisnis Ranah Minang.

Beliau juga memandang pentingnya pemberdayaan generasi muda sehingga pembekalan untuk utusan pemuda dilaksanakan pada Sabtu-Ahad (4-5/11). Kegiatan diberi nama Latihan Dasar Kepemimpinan dengan tema: "Bersama Menuju Generasi Muda Yang Bertanggungjawab dan Berkarakter".

Dalam sambutannya beliau berharap dengan pembekalan ini, pemuda mampu menggali potensi diri dan Nagari. "Pemuda hanya akan berhasil jika mampu menyatukan ide dengan kemampuan kerja, tidak cukup hanya banyak ide saja tapi tidak bergerak" tambahnya.

Untuk memberikan suasana pelatihan yang enerjik, didatangkan BARKA Training & Consulting. Pada hari pertama Trainer Maisar Setiawan Munaf memberikan materi dan simulasi cara berpikir, dan seni kepemimpinan. "Cara berpikir kita menjadi pondasi kerja dan kepemimpinan, jika pikiran masih tertutup maka sulit untuk berkreasi dan menggerakkan orang lain" jelasnya.

Pada hari kedua, Master Senam Pintar Bastra Sinaro memberikan seni kreasi dan motivasi jiwa, beliau membuka carapandang pemuda bahwa hanya dengan memaksimalkan jari jemari saja, kita bisa sukses, apalagi jika sanggup mengoptimalkan diri dan potensi Nagari. Untuk membangun mental kerjasama antar pemuda, Instruktur Outbound BARKA Ilhamdi Putra memberikan simulasi dan permainan yang hangat, heboh dan penuh hikmah.(MS)

×
Kaba Nan Baru Update