Notification

×

Iklan

Iklan

Juara Minang Academy Bisa Langsung Rekaman

05 November 2017 | 16:20 WIB Last Updated 2017-11-05T09:20:51Z



Padangpanjang - Menggairahkan kembali Lagu Minang yang sempat populer dibelantika musik tanah air, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang menggelar kegiatanMinang Academy dari tanggal 4 hingga 12 November mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, para jawara dari kontes menyanyi tersebut, selain diberikan uang pembinaan, juga akan disediakan fasilitas rekaman bersama artsi-artis Minang kenamaan seperti Elsa Pitaloka, Marlin dan Icha Sagita yang juga tercatat sebagai mahasiswi di ISI Padangpanjang.

Pembantu Rektor III Firdaus, didampingi Ketua Panitia Yon Hendri dan Wakil Ketua Anton Kustilo ketika ditemui Minggu (5/11) menyampaikan, kegiatan yang diikuti oleh 100 pelajar SMA dari Sumbar, Riau dan Jambi tersebut dilaksanakan untuk mencari talenta-talenta baru penyanyi Minang.

“Kita memang membatasi untuk 100 peserta meskipun antusias pendaftar cukup tinggi, hal inikarena keterbatasan dari waktu pelaksanaan dan jumlah panitia,” sebut Firdaus.

Untuk pelaksanaan Minang Academy sendiri, lanjutnya, dibagi menjadi tiga tahapan. Dimana, tahapan penyisihin dilaksanakan pada Sabtu (4/11) dan bagi 25 peserta terbaik berhak mengikuti babak semifinal yang dilaksanakan pada Minggu (4/11) dan babak final akan dilaksanakan pada 12 November mendatang di Gedung Hoeridjah Adam ISI Padangpanjang.

“Kita sengaja melaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, kita tidak ingin bentrok dengan waktu belajar. Karena, peserta kita memang berasal dari pelajar SMA. Untuk babak final, akan diikuti oleh 6 penanyi putra dan 6 penyanyi putri,” sebut Firdaus.

Untuk hadiah sendiri, ISI Padangpanjang menyediakan Rp5 juta untuk juara I, Rp3 juta untuk juara II dan Rp2 juta untuk juara III ditambah tropy dan sertifikat. Sementara, untuk harapan 1,2 dan 3 hanya akan diberikan tropy dan sertifikat.

Ditambahkan Yon Hendri, dari dua hari pelaksanaan kegiatan Minang Academy tersebut. Cukup banyak talenta-talenta penyanyi Minang yang bermunculan, hal terbukti dari kualitas para penyanyi yang masuk babak semifinal, yang hampir merata.

“Kita dari panitia, sengaja memilih 10 lagu Minang yang rata-rata memiliki tingkat kesulitan sama, yang akan dinyanyikan oleh para peserta. Selain itu, kejelian tim juri seperti Hidayatmi,S.Pd.M.Sn, Yon Hendri,S.Sn,M.Hum, Yusneli.S.Sn,M.Sn, Ikmal Yakin,S.Sn,M.Sn dan Wicaksana,S.Sn,M.Sn, juga sangat dibutuhkan. Mengingat, tim juri yang kita pakai, sudah memiiliki pengalaman penjurian di tingkat nasional,” sebutnya.

Yon Hendri juga berharap, dukungan dari pimpinan ISI Padangpanjang untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai event tahunan di ISI Padangpanjang dengan skop pelaksanaan yang lebih luas lagi, kalau bisa menjadi tingkat Sumatera atau tingkat nasional.

“Nantinya, proses rekaman bagi pemenang Minang Academy ini, akan dilaksanakan di studio rekaman ISI Padangpanjang. Dimana, peralatan yang dimiliki oleh studio rekaman ISI Padangpanjang juga sudah memadai dan pernah melahirkan penyanyi Minang kenamaan seperti Tiar Ramon, Nedi Gampo, Elly Kasim juga pernah rekaman disini,” ungkap dosen Seni Musik itu.

Terpisah, Rektor ISI Padangpanjang Prof.Novesar Jamarun,MS ketika dihubungi menyampaikan, dirinya sangat mensuport kegiatan Minang Academy yang menjadi ajangpencarian bakat bagi talenta-talenta penyanyi Minang masa depan. Apalagi, ISI Padangpanjang sebagai lembaga perguruan tinggi seni memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan kesenian daerah.

“Selain fasilitas rekaman dan bimbingan dari instruktur kenamaan di ISI Padangpanjang. Parapemenang Minang Academy ini juga akan mendapatkan fasilitas khusus jika ingin melanjutkan pendidikan di ISI Padangpanjang. Kita juga akan mengupayakan cakupan pelaksanaannya juga akan lebih luas lagi, jika perlu tingkat nasional,” sebut Novesar Jamarun.

Novesar Jamarun juga berharap, dengan adanya pelaksanaan Minang Academy yang akan menjadi even tahunan dari ISI Padangpanjang, bisa menasionalisasikan Lagu Minang di belantikan music tanah air. Apalagi, Lagu Minang pernah populer ditingkat nasional dengan dikenalnya Elly Kasim, Nuskan Syarif dan sejumlah penyanyi Minang kenamaan lainnya. (kenzie)
×
Kaba Nan Baru Update