Notification

×

Iklan

Iklan

Rumah Sakit Universitas Andalas Diresmikan Wapres Jusuf Kalla

04 November 2017 | 21:54 WIB Last Updated 2017-11-04T14:54:59Z
Photo: Dokumentasi Universitas Andalas 

Padang - Sebelum meninjau lokasi pasca kebakaran di Pasar Ateh - Bukittinggi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan Rumah Sakit Universitas Andalas,  Sabtu, 4 November 2017. Rumah Sakit Pendidikan yang dibangun melalui pendanaan Saudi Fund for Development (SFD) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dilengkapi dengan peralatan kesehatan yang memadai,  .

JK menyebut dulu ada anggapan RS pendidikan merupakan tempat praktiknya mahasiswa kedokteran, sehingga pasien dijadikan obyek untuk coba-coba. Tapi sebenarnya, kata JK, RS pendidikan ini biasanya didampingi profesor yang andal. Sehingga pasti kualitasnya lebih baik.

Photo: Dokumentasi Universitas Andalas

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan rumah sakit ini bisa meningkatkan kualitas lulusan Kedokteran Unand. RS ini akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa kedokteran dalam menjalankan praktik.

Rektor Unand Tafdil Husni mengatakan rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare. Adapun biaya pembangunannya mencapai Rp 680 miliar. "Dengan layanan kesehatan berkualitas. Sehingga kami bisa tingkatkan kelulusan dokter," ujarnya.

Rumah sakit ini memiliki 200 tempat tidur dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk pelayanan pasien. RS Unand melayani rawat jalan, pelayanan rawat inap, kamar operasi, UGD, instalasi farmasi, menerima rujukan, pelayanan ICU, dan ambulans.

RS Unand juga dilengkapi fasilitas radioterapi onkologi, kemoterapi, dan gastroenteritis yang modern. Sehingga diharapkan RS Unand bisa memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada pasien. "Program unggulannya pada penyakit keganasan dan gastrointestinal," ujarnya.

Di samping fasilitas kesehatan, rumah sakit ini dikembangkan sebagai pusat pendidikan bagi mahasiswa kedokteran. Sehingga diharapkan RS Unand mampu mengembangkan riset translasional untuk mempercepat kemandirian bangsa dalam produk kesehatan.

Photo: Dokumentasi Universitas Andalas 

Pada kesempatan yang sama, Wapres Jusuf Kalla juga menyerahkan Anugerah Kewirausahaan Mahasiswa Sumatera Barat ( Minang Enterpreneurship Award ) 2017. ( rel / Tempo.co )



×
Kaba Nan Baru Update