Notification

×

Iklan

Iklan

Hadiri Pengukuhan KAN Parambahan WABUP ZULDAFRI : JAGA KEBERSAMAAN, WUJUDKAN PARAMBAHAN LEBIH SEJAHTERA

25 Desember 2017 | 11:05 WIB Last Updated 2017-12-25T04:05:22Z

Tanah Datar -- Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Ketua DPRD Anton Yondra, Rektor IAIN Batusangkar, Perwakilan UNP,  Ketua LKAAM Tanah Datar, Camat V Kaum Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari Parambahan, perantau dan undangan lainnya menghadiri Pengukuhan serta serah terima Ketua KAN Nagari Parambahan dari SY Dt. Bijo Dirajo kepada AZ Dt. Sinaro Dalimo di halaman masjid Ubudiyah Nagari Parambahan, Sabtu (23/2017).

Wabup Zuldafri Darma dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh pengurus KAN yang dikukuhkan. "Kegiatan hari ini sebagai bentuk nyata kebersamaan masyarakat Parambahan dalam menjalankan roda pemerintahan karena KAN merupakan salah satu unsur utama, disamping Wali Nagari dan BPRN" ujarnya.

Zuldafri juga berpesan agar menjaga kebersamaan demi mewujudkan masyarakat Parambahan yang lebih sejahtera lagi. "Beberapa waktu lalu Wali Nagari dilantik dan hari ini Ketua dan pengurus Kerapatan Adat Nagari dikukuhkan, harap jaga persatuan, jangan kedepankan ego ketika mencangkan program dan kegiatan, bersama dan saling bekerjasama dan sama bekerja, karena kegiatan dan program untuk kesejahteraan masyarakat kita juga" pesan Wabup.



Kemudian Wabup menjawab keluhan dan pengaduan masyarat tentang kebutuhan gedung KAN yang representatif. "Insya allah hal itu tidak sulit, karena putra putri Parambahan menjadi tokoh dan pejabat, seperti ketua DPRD, Wabup, Kepala Dinas, Camat dan bahkan perantau asal Perambahan banyak yang berhasil, namun tentu pihak nagari harus juga melengkapi persyaratan awal untuk bisa memperoleh bantuan itu" katanya.

Wabul Zuldafri menerangkan, persyaratan awal adalah administrasi penyiapan lahan berupa tanah tanpa ada sangketa atau masalah. "Insya allah kalau administrasi ini bisa dilengkapi, ajukan pada Musrenbang Nagari, Kecamatan dan Kabupaten, kita kawal dan semoga diperubahan atau dianggaran 2019 bisa di akomodir" terangnya.

Disamping itu Wabup Zuldafri berharap kepada aparatur pemerintah Nagari, yakni Wali Nagari, BPRN dan KAN bersama mengkaji dan lakukan program pemanfaatan keberadaan IAIN Batusangkar di Nagari Parambahan. "Banyak potensi peningkatan  ekonomi yang bisa manfaatkan dengan keberadaan IAIN ini, seperti kos-kosan, warung, ruko dll, namun tentu pihak nagari harus bersama menentukan arah kebijakannya" tukasnya.


Sementara itu Ketua DPRD Anton Yondra mengatakan, dalam mengembangkan potensi IAIN masyarakat Parambahan harus selektif dan hati-hati, karena banyak cara pihak-pihak luar menanamkan investasinya. "Saya tidak menginginkan masyarakat Parambahan seperti tikus yang mati dalam lumbung padi, karena ada pihak yang ingin membeli tanah disekitar IAIN, bahkan kalau ia tak bisa membeli sendiri, ia meminjam nama Saya untuk bisa beli tanah itu" ujar Anton

Karena itu ujar Anton, masyarakat bersama pemrintahan di Nagari harus bersatu padu, samakan presepsi serta tujuan, sehingga hal itu tidak terjadi. "Nagari Parambahan telah lahirkan banyak tokoh -tokoh, pajabat dan perantau yang berhasil. Kalau ini tidak dijaga dan dipupuk atau dilestarikan, tentu kejayaan Parambahan hanya tinggal cerita saja" pesan Anton.



Di kesempatan sebelumnya Ketua KAN lama SY. Dt. Bijo Dirajo menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pengurus lama dalam melaksanakan program pembangunan.

AZ Dt. Sinaro Dalimo selaku KAN baru menyampaikan harapannya masyarakat dan unsur pemerintah nagari untuk bersama membangun nagari Parambahan. "KAN akan bekerjasama dan duduk bersama dengan Wali Nagari dan BPRN dalam membangun nagari Parambahan dan mendukung visi dan misi Kabupaten Tanah Datar" pungkasnya. (Hahi /dvd)
×
Kaba Nan Baru Update