Notification

×

Iklan

Iklan

Kuflet Kawinkan Puisi Dan Saman Gayo Di Dies Natalis Ke - 52 ISI Padangpanjang

23 Desember 2017 | 19:44 WIB Last Updated 2017-12-23T12:44:01Z

Padang Panjang - Saman Gayo berkolaborasi dengan baca puisi Sulaiman Juned dari Komunitas Seni Kuflet meriahkan acara pentas seni Dies Natalis ke-52 Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang-Sumatera Barat, Kamis 21 Desember 2017 di Gedung Pertunjukan Hoeriyah Adam ISI Padangpanjang.

Pemain saman diantaranya Saniman Andikafri, Fadli, Widi Sutrisman, Alu Husin, Fauzan dan Hanafi. Sementara pembacaan puisi tunggal oleh penyair Sulaiman Juned dengan judul ‘Acap Lupa’.

Sulaiman Juned menyebutkan, pertunjukan yang berasal dari Gayo Lues ini berkolaborasi dengan baca dipersembahkan kepada ISI Padangpanjang diusia 52 tahun ini. Semoga memberikan pembelajaran dan pengembangan kreativitas mahasiswa dan dosen ISI Padangpanjang dalam berkarya.

“Di Komunitas Seni Kuflet selain membina kesenian modern teater, tari, musik dan seni rupa, juga mengembangkan kesenian tradisi seperti Didong, Saman, Guel, Seudati, PM TOH, dan kesenian tradisi lainnya. Pementasan ini kita tampilkan Saman Gayo berkolaborasi dengan baca puisi,” jelas Doktor Prodi Teater ini.

Sementara itu Saniman Andikafri salah satu pemain Saman dalam pertunjukan tersebut mengatakan, tidak semua pemain saman ini berasal dari Gayo, namun melalui proses yang panjang dalam belajar saman Komunitas Seni Kuflet sudah pentaskan saman di beberapa tempat.

“Pemain saman ini ada yang berasal dari Gayo, Aceh, Minang dan daerah lainnya, yang jelas kita satu Komunitas dalam proses kreativitas seni,” kata Saniman Putra asal Aceh Tenggara. [ril]

×
Kaba Nan Baru Update