Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Datar Tuan Rumah Gashuku Daerah Lemkari Tingkat Sumbar 2017

24 Desember 2017 | 22:37 WIB Last Updated 2017-12-24T15:37:16Z



Tanah Datar -- Gashuku dan Ujian KYU SMT II Tahun 2017 Lembaga Karat-Do Indonesia (Lemkari) Tingkat Provinsi Sumatera Barat kali ini digelar di Kabupaten Tanah Datar. Latihan bersama dan Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk (DAN) dalam sumpah Seni Bela Diri Karate ini merupakan tingkatan yang harus dilalui oleh para siswa karate untuk mendapatkan sabuk atau naik ke level berikutnya.
Latihan gabungan yang dilaksanakan dari tanggal 23-25 Desember di lapangan hijau SMAN 2 Batusangkar tersebut diikuti hampir 700 karateka dari berbagai dojo di Sumatera Barat, dan dibuka Resmi Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadis Parpora Edi Susanto, SH, MM. Minggu, (24/12).
Ketua Pengcab. Lemkari Tanah Datar Ipda. Syahbudin didampingi Wakil Ketua Bripka Romi Vetrio Yandri, Komisi Teknik Firmansyah, SE, dan Senpai Henriko saat dikonfirmasi dilapangan jelaskan, bahwa tahun ini kita Tanah Datar sebagai tuan rumah penyelenggara Gashuku Daerah Lemkari Tingkat Sumbar. Ujian naik tingkat dan latihan gabungan untuk memperbaiki dan menyamakan gerakan serta menyeragamkan tehnik yang sudah diajarkan bagi seluruh karateka dimasing-masing dojo tersebut sangat penting dilakukan, ucapnya.
Lebih lanjut Budi menuturkan, "Pengda Lemkari Sumatera Barat merasa bahwa Tanah Datar tahun ini tepat menjadi tuan rumah Gashuku Daerah Lemkari Sumbar sekaligus ujian naik peringkat sari sabuk Hijau sampai Coklat, sebutnya.
Keputusan ini juga diharapkan bisa sebagai motifasi penyemangat dan mendorong semangat berlatih serta mental bertanding anak didik disetiap dojo yang ada di Tanah Datar, sehingga nanti Tanah Datar punya altlet berprestasi pada cabang karate, pungkas Budi.
Fery Suardi, salah seorang anggota Dewan Guru PB Lemkari Sumbar menyebutkan melalui kegiatan olahraga karate ini, anak-anak bisa mengisi waktu luangnya dengan melakukan kegiatan yang positif, dibandingkan hanya melakukan kegiatan dalam rumah, seperti bermain game, media sosial dan lainnya. Selain itu, dengan mengikuti latihan karate Lemkari, dapat menjaga kesehatan dan stamina anak-anak dengan berolahraga, katanya.
“Untuk mengejar prestasi itu memang tergantung dari keinginan dan kemampuan serta support pelatih maupun orang tua. Jika semua ini sudah berkolabirasi, tentu prestasi itu bisa diraih,” ucapnya.
Dalam sumpah karate, Gashuku dimaknai sebagai latihan bersama untuk memperbaiki dan menyamakan gerakan serta menyeragamkan tehnik yang sudah diajarkan bagi seluruh karateka.
Dalam Gashuku, para karateka dituntut untuk mandiri dan percaya diri. "Selain itu, melalui Gashuku, para karateka dapat saling bertukar informasi mengenai even olah raga karate di daerah maupun di luar daerah," ujar Fery.
Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Lemkari Sumatera Barat Firdaus Ilyas yang turut hadir pada saat gashuku dan latihan gabungan tersebut ungkapkan, kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri generasi muda Tanah Datar. Selain itu, melalui kegiatan ini juga, dapat mecetak generasi muda yang memiliki prestasi dan akan mengharumkan nama Tanah Datar tidak hanya di kancah lokal, tapi juga di mata Dunia, sebutnya.
Firdaus berharap pada pengurus Lemkari Tanah Datar agar dapat membulatkan tekad dalam mencetak generasi muda yang berkualitas sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing. “Kita harus mampu memberikan prestasi yang bagus. Dengan itu, kita menunjukkan rasa tanggung jawab kepada masyarakat. Kita memberikan media kepada masyarakat yang menginginkan anak-anaknya berlatih karate, karena karate itu prinsipnya Bushido, yakni sikap berani, jujur dan tanggung jawab, pungkas Firdaus.
Sementara itu Edi Susanto, SH. MM Kepala Dinas Parpora Tanah Datar yang pada kesempatan tersebut mewakili Bupati Tanah Datar untuk membuka secara resmi, dalam sambutannya sampaikan rasa bangga dan terima kasih pada Pengcab Lemkari Tanah Datar dan Sumbar yang telah mengangkat acara ini di Luhak Nan Tuo Tanah Datar.
Ia katakan, "kegiatan ini selain untuk melahirkan bibit-bibit atlet terutama karateka, namun juga untuk menggairahkan olah raga di Tanah Datar", ucapnya.
Edi Susanto menambahkan, dengan adanya latihan bersama ini dan ujian kenaikan tingkat, diharapkan kedepan Tanah Datar alan lahir bibit-bibit berprestasi yang akan mengharumkan Tanah Datar. Dan pariwisata Tanah Datar juga akan semakin dikenal karena yang datang saat ini dari berbagai daerah di Sumatera Barat, selamat datang di Tanah Datar, selamat berlatih dan selamat berwisata, tutur Edi. (Irfan F).
×
Kaba Nan Baru Update