Notification

×

Iklan

Iklan

ALAT UJI MEKANIK SUDAH MULAI DIFUNGSIKAN

09 Januari 2018 | 21:38 WIB Last Updated 2018-11-16T15:25:36Z


Tanah Datar -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Perhubungan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang transportasi. Terhitung mulai 3 Januari 2018 kemarin, Dishub mulai melaksanakan uji kendaraan bermotor dengan menggunakan peralatan mekanik. Demikian disampaikan Kadis Perhubungan Harfian Fikri didampingi Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Neyonson di ruang kerjanya, Selasa (09/01/).

Harfian jelaskan, pengujian dengan peralatan mekanik ini pengemudi/pemilik kendaraan dapat melihat secara langsung kondisi kendaraan yang diuji melalui monitor terpasang.

Selain itu sebut Harfian, untuk pengujian klakson kendaraan juga telah menggunakan sound level tester sehingga tingkat kebisingan dan jangkauan bunyi klakson sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Pengadaan peralatan ini dalam rangka memenuhi amanat Permenhub 133/2015 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor, sehingga kendaraan yang lolos uji dapat dinyatakan layak jalan dan tentunya mengurangi resiko kecelakaan,  untuk keselamatan bersama, keselamatan pengendara dan keselamatan pengguna jalan lainnya,” urai Harfian.   


Harfian tambahkan pengujian perdana atau pengujian berkala berlaku bagi kendaraan roda angkutan umum dan angkutan barang dan kepada pemilik kendaraan dikenai retribusi sesuai Perda Bupati Tanah Datar.

“Tidak hanya itu, untuk tahun 2018 ini, Dishub secara bertahap akan melengkapi atau meremajakan peralatan yang ada seperti alat uji rem (break test), alat uji gas (gas analizer), alat uji asap kendaraan (smoke test) dan alat uji lampu (light test),” ucap Harfian mengakhiri pembicaraan. (Hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update