Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kualitas Dan Variasi Produksi Susu Sapi, Dinas Pangan Dan Pertanian Jalin Kerjasama Dengan Kementan RI

24 Januari 2018 | 08:32 WIB Last Updated 2018-02-12T06:56:12Z

Bogor - Dalam rangka usaha meningkatkan kualitas dan ragam produksi susu sapi perah di Kota Padang Panjang, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang bergerak proaktif dengan melakukan Penandatanganan Kerja Sama ( PKS ) dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian Kementerian Pertanian, di Bogor Selasa (23/01).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini  memprioritaskan mengenai pengolahan susu menjadi Keju Goda dan Keju Mozarella.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Drs . Syahdanur menyampaikan bahwa kerjasama ini akan berlangsung selama 2 tahun kedepan untuk tahap awal.

" Setelah penandatanganan PKS ini maka akan  dilanjutkan dengan rencana pelatihan pada bulan Februari dan Maret 2018 mendatang yang diperuntukkan bagi pelaku usaha pengolahan susu, peternak, petugas teknis dan penyuluh pertanian, " jelasnya.

Syahdanur juga  menambahkan bahwa Kerjasama tersebut tidak hanya sampai pada pelatihan pembuatan keju saja, juga akan diikuti dengan bantuan peralatan produksi pembuatan keju oleh Balai Besar pasca panen pertanian tersebut.

" Harapan kita dengan ditandatanganinya PKS ini diharapkan dapat membantu peternak sapi perah dan pengolah susu  dalam hal peningkatan kemampuan untuk pengolahan susu menjadi berbagai produk, " harap Pak Kadis.




Disamping itu juga dapat membantu peternak sapi perah dalam hal peningkatan serapan susu dan produknya di pasaran. Menjadikan susu dalam berbagai produk olahan dari yang telah ada, memperpanjang masa simpan dan masa tahan susu dari kerusakannya dan tidak kalah penting harapannya dapat meningkatkan pendapatan peternak dan kelompok pengolah dengan meningkatnya nilai tambah dari susu tersebut.

Disela-sela kegiatan Penandatanganan Kerjasama terkait susu sapi perah, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang juga melakukan penjajakan kerjasama dalam bidang pertanian yaitu terkait dengan Hortikultural seperti komoditi cabe dan lain-lain.

" Setelah penandatanganan PKS ini,  untuk tahun berikutnya akan ditindaklanjuti dengan kerjasama lainnya yang masih dalam lingkup paska panen pertanian, " pungkasnya. (Bd)
×
Kaba Nan Baru Update