Notification

×

Iklan

Iklan

44 Titik dilingkup Pemko Padangpanjang Terkoneksi Jaringan Fiber Optik Metronet

05 Februari 2018 | 18:08 WIB Last Updated 2018-02-05T11:09:03Z


Padangpanjang - Upaya meningkatkan kualitas infrastruktur terhadap jaringan internet di Kota Padangpanjang, Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan PT Telkom Tbk memasang jaringan metronet.

Untuk jaringan Metronet, Kota Padangpanjang sudah menggunakan semenjak Agustus 2017 lalu, yang dipusat di Dinas Kominfo. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si, Senin (5/2).

Marwilis mengatakan, bahwa akses internet di Padangpanjang dinilai kurang memadai, dikarenakan jaringan speedy yang digunakan di setiap OPD sering mengalami kemacetan atau gangguan.

"Semenjak beralihnya jaringan tersebut dengan menggunakan metronet, segala akses yang dilakukan akan lebih efektif dan efesien, walaupun diakui karena system ini masih baru disana sini masih memerlukan penyempurnaan,” ujar Marwilis.

Marwilis menyatakan, tujuan pemasangan jaringan internet guna mengantisipasi masyarakat yang gaptek serta seluruh OPD juga dapat menyelesaikan kegiatan kerja sehari- hari, apalagi saat ini Pemko sudah menerapkan aplikasi E-planning yang membutuhkan jaringan internet.



Sementara itu, Kepala Bidang E-goverment dan Teknologi Informasi Ario Dian Pratama, ST mengatakan, jaringan metronet ini merupakan jaringan menggunakan media fiber optik, dimana jaringan tersebut yang memiliki kecepatan cahaya sehingga sangat minim dengan gangguan.

“Untuk Pemko Padangpanjang sebanyak 44 titik sudah memakai jaringan metronet. Dan akan ada lagi penambahan sebanyak 7 titik lagi, yang terdapat di UPTD OPD,” jelas Ario Dian Pratama.

Disamping itu, salah satu staf yang menangani masalah jaringan internet di Dinas Kominfo Rafki Zulastri S.Pd menjelaskan, untuk penanganan masalah jaringan yang terjadi, Tim Dinas Kominfo sudah menunjuk operator pada setiap OPD.

"Operator yang kami tunjuk ini sudah dibekali terlebih dahulu dengan tujuan agar mereka bisa melakukan perawatan ataupun penanggulangan masalah jaringan metro yang terjadi di OPD mereka masing-masing", jelas Rafki.

Lebih lanjut Rafki mengatakan, jika operator tersebut tidak dapat menanggulangi permasalahan jaringan di OPD masing-masing, maka Tim Dinas Kominfo akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan penanggulangan masalah jaringan yang terjadi. (Delma)
×
Kaba Nan Baru Update