Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 1 Sungai Tarab Menuju Tingkat Nasional

26 Juni 2018 | 16:23 WIB Last Updated 2018-11-17T06:17:44Z


Tanah Datar - SMAN 1 Sungai Tarab yang tahun 2016 lalu pernah meraih juara ke 3 tingkat Sumatera Barat, tahun ini kembali ikut berkompetisi lanjutan mewakili Sumatera Barat menuju tingkat Nasional.

“Tahun ini Perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab kembali ikut berkompetisi setelah ditinjau Tim Provinsi Sumatera Barat pada awal bulan ini dan akan bersaing mewakili Sumatera barat menuju Nasional,” Kata  Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Marwan, Selasa (26/06) pada wartawan saat mendampingi Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi peletakan Batu Pertama Pembangunan Pustaka di sekolah tersebut. 

Marwan mengatakan kesiapan SMAN 1 Sungai Tarab tersebut, sudah cukup bagus dan sudah banyak kemajuannya dari tahun lalu dan memperlihatkan keseriusannya dengan membangun perpustakaan.

Hadir pada acara tersebut Camat Sungai Tarab  Riswandi, bersama Forkopimca, Walinagari Sungai Tarab, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMAN 1 Sungai Tarab serta majelis guru dan tenga perpustakaan.

Sementara itu Bupati Irdinansyah Tarmizi sampaikan, ucapan terima kasih kepada tim penilai tingkat kabupaten dan propinsi Sumbar yang telah menilai perpustakaan  SMAN 1 Sungai Tarab dan sudah dinyatakan yang terbaik. 

“Insya Allah SMAN 1 Sungai Tarab akan dikirim untuk tingkat nasional. Untuk itu kita berharap kepada semua pihak di antaranya kepala sekolah,majelis guru, pembina perpustakaan dan siswa untuk dapat mempersiapkan diri," harapnya.

Dikatakan, walaupun SMAN 1 Sungai Tarab di bawah kewenangan propinsi, kami pemerintah daerah akan mendukung dan secara langsung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar akan membantu semaksimal mungkin sehingga apa yang diharapkan akan terwujud, tentunya ditetapkan menjadi yang terbaik di Sumatera Barat bahkan tingkat nasional.

”Yang terpenting bukanlah penilaian tetapi bagaimana pustaka ini diminati oleh siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya," ujarnya.

Sehubungan dengan pembangunan pustaka bupati, berharap setelah dibangunnya pustaka sekolah ini dapat meningkatkan minat baca siswa untuk menimba ilmu bahkan guru sendiri dan semua unsur di sekolah ini. 

Bupati juga harapkan untuk melakukan terobosan baru dengan melibatkan orang tua murid yang ingin menyumbangkan dan meminjamkan buku koleksinya yang ada di rumahnya sehingga terwujudnya sumber informasi untuk kita semua.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMA 1 Sungai Tarab Bulkarnaini Nur menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari pemerintah daerah, dengan dukungan tersebut Insya Allah perpustakaan dapat diwujudkan sesuai dengan keinginan bersama untuk menjadi perpustakaan sekolah terbaik di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.

Bulkarnaini menyampaikan, pada penilai sebelumnya pencatatan buku masih manual, namun saat ini sudah pakai sistim komputerisasi (online). Selain itu perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab ini punya koleksi buku lebih dari 45 ribu buku dengan 4.000 judul dan sudah memiliki pustakawan, ruang kepala pustaka, gudang, ruang baca khusus dan audio serta ruangan shalat.

Untuk penilaian tahun ini sudah dipersiapkan semua aspek dan selalu melakukan koordinasi dan mendapat pembinaan dari Dinas Perpustakan dan Arsip. 

Disebutkan, berhubung ruangan yang belum cukup memadai kami pihak sekolah bersama komite, walinagari, tokoh masyarakat dan walimurid akan memperluas ruang pustaka dengan ukuran 7X10 meter, alhamdulillah hari ini telah dilakukan peletakan batu pertama oleh bupati.

“Berbagai terobosan sudah kami lakukan di antaranya setiap akhir semester kami pihak perpustakaan memberkan reward kepada siswa dan majelis yang sering berkunjung ke perpustakaan berupa piagam penghargaan, semua itu kami lakukan dalam mewujudhan visi misi perpustakan SMAN 1 Sungai Tarab menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi dan tempat menyenangkan untuk menambah ilmu serta membaca sebagai kebutuhan,” pungkasnya. (hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update