Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut HUT RI KE – 73 Wali Nagari Persiapan Aia Manggih Utara Adakan Lomba Kampung Termeriah

01 Agustus 2018 | 08:45 WIB Last Updated 2018-08-01T01:45:13Z


Pasaman –  Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik  Indonesia (RI) ke-73 pada 17 Agustus 2018 nanti, Pemerintahan Nagari Persiapan Aia Manggih Utara Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman bakal mengelar berbagai kegiatan perlombaan, di antaranya lomba Kampung Termeriah.

Pejabat (Pj) Walinagari Persiapan Aia Manggih Utara, Ferta Daforsa, S.STP kepada awak media  di Lubuk Sikaping, Selasa (31/7/2018), mengatakan,  ada sebanyak 8 kampung di Nagari persiapan ini yang akan mengikuti lomba Kampung termeriah  tersebut.

“Lomba Kampung termeriah itu sengaja kita gelar untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan dengan gotong royong dan jiwa yang mencintai kebersihan lingkungan sekitar,” ujar Ferta Davorsa.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan kekompakan di tengah masyarakat serta menunjukkan eksistensi nagari persiapan Aia Manggih Utara karena nagari tersebut sangat siap menjadi nagari defenitif.

Dijelaskannya, kegiatan perlombaan ini diselenggarakan dengan melibatkan para pemuda/i, kaum ibu dan tokoh masyarakat se-Nagari Persiapan Aia Manggih Utara.

Ia menjelaskan, Lomba kampung termeriah  itu baru pertama kali digelar di Nagari persiapan Aia Manggih Utara ini.

Menurutnya, waktu yang diberikan untuk menghias kampung termeriah ini sekitar satu minggu, dengan bahan-bahan yang disediakan oleh warga kampung setempat.

Selain itu, untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini pihaknya juga mengelar lomba futsal antar kampung.

Lomba futsal ini bukan untuk mencari pemenang semata, tetapi juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar masyarakat, adanya lomba futsal ini kedepan dapat meningkatkan tali persaudaraan para pemuda dan masyarakat antar kampung di nagari persiapan terutama menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air dengan mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang positif.

“Salah satu bentuk memaknai kemerdekaan adalah dengan melakukan kegiatan positif. Isilah kemerdekaan dengan kegiatan yang bermakna dan hindari kegiatan negatif,” ajak Ferta Daforsa.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh warga yang ada di nagari persiapan itu untuk memasang bendera Merah Putih disetiap rumah untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 nantinya.

“Memasang bendera ini sebagai wujud kebanggaan kita dengan kedaulatan Bangsa Indonesia. Ini juga bentuk partisipasi kita untuk menjadi masyarakat yang baik dan mempunyai jiwa nasionalisme. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi ajang tahunan bagi warga di nagari persiapan Aia Manggih Utara kedepannya,” katanya.

Ferta juga menyebutkan, untuk lomba kampung termeriah itu akan dinilai oleh Tim Juri dari Kecamatan Lubuk Sikaping pada tanggal 15 Agustus 2018. “Kriteria penilaian kampung termeriah itu adalah, pemasangan bendera merah putih setiap rumah warga, kebersihan kampung, serta kreativitas masyarakat,” terangnya.

Sedangkan untuk perlombaan futsal, kata Ferta pendaftarannya dimulai tanggal 6-12 Agustus 2018 mendatang pada koordinator perlombaan Chandra. “Setiap kampung hanya boleh mendaftarkan satu Tim. Perlombaan akan dinilai oleh wasit kompeten dengan sistem gugur pada tanggal 16 sampai 18 Agustus 2018 di lapangan futsal Daliak,” katanya.

Kata Ferta lagi, hasil pengumuman pemenang akan diumumkan pada acara penutupan yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang yakni pukul 16.00 Wib di Lapangan Futsal Daliak. (Gani)
×
Kaba Nan Baru Update