Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang Gelar Sosialisasi

04 September 2018 | 20:33 WIB Last Updated 2018-09-04T13:33:05Z


Padangpanjang – Tingkatkan wawasan kebangsaan, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan bagi pengurus organisasi masyarakat (ormas), partai politik dan karang taruna se – Kota Padangpanjang, di Aula Wisma Pangeran, Selasa (4/9).

Walikota Padangpanjang H. Hendri Arnis, BSBA diwakili Kepala BPBD Kesbangpol Drs. Erizal, M.Si, menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan ini sangat penting, karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat.

“Wawasan kebangsaan ini sangat penting bagi kita, karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air,” sebutnya.

Erizal menambahkan, sosialisasi ini juga untuk memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa, khususnya masyarakat Kota Padangpanjang bahwa NKRI memiliki ciri khas kebhinekaan ras, suku, budaya dan agama. “Dan kita bertekad untuk menjadi satu bangsa, satu tanah air dengan satu Bahasa Indonesia,” tambahnya.



Lebih lanjut Erizal berharap, sosialisasi ini dapat menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi, dan menyuburkan proses pembauran antar seluruh elemen.

“Disamping itu, dengan mengamalkan pemahaman kita terhadap wawasan kebangsaan, akan dapat terwujud kehidupan masyarakat Padangpanjang yang rukun, damai, solid dan harmonis demi terwujudnya kondusifitas wilayah, persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Senada dengan itu, ditambahkan Kepala Bidang Kesbangpol Harry Riska Perdana, S.IP, M.Si, pendidikan wawasan kebangsaan juga diharapkan dapat menyadarkan warga negara terhadap pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban dihadapan hukum. “Pelatihan ini juga perlu ditekankan kepada masyarakat agar mempunyai rasa nasionalisme dan tidak mudah terpengaruh", jelasnya.

Sosialisasi ini diikuti 50 orang peserta dari pengurus organisasi masyarakat, partai politik dan karang taruna se – Kota Padangpanjang dengan menghadirkan marasumber dari Kejaksaan Negeri Padangpanjang, Polres Kota Padangpanjang dan Kodim 0307 Tanah Datar. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update