Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa-Siswi TK Kamang Magek Ikuti Pendidikan Karakter Manasik Haji

14 November 2019 | 14:14 WIB Last Updated 2019-11-14T07:14:02Z


Agam - Ratusan siswa-siswi TK/PAUD se-Kecamatan Kamang Magek mengikuti kegiatan manasik haji di Halaman Kantor Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam pada hari Kamis, (14/11).

Anak-anak tersebut berasal dari Sekolah Taman kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini se-Kecamatan Kamang Magek yang berjumlah 14 sekolah. Jumlah anak yang terlibat dalam acara manasik haji ini mencapai sebanyak 420 orang.

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekretaris Camat Kamang Magek, Deswiardi, Kordinator Unit Kerja Pendidikan TK/SD Kamang Magek, Nawarlis, Kepala KUA Kamang Magek, Zaldi Ilfandi, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Kamang Magek, Desniar, Ketua Pelaksana Kegiatan Peragaan Manasik Haji, Arsiyati, serta Jajaran Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Se-Kecamatan Kamang Magek,

"Proses pendidikan karakter ini diberikan kepada anak TK/PAUD untuk mengenalkan ibadah haji sejak dini, Mereka dibiasakan untuk mengenal sejak dini ritual ibadah haji di Baitullah," ujar Kordinator Unit Kerja Pendidikan TK/SD Kamang Magek, Nawarlis,

Lanjut Nawarlis, sehingga pada saat dewasa nanti mereka akan tergerak untuk menunaikan ibadah haji.
Dalam manasik haji ini, anak-anak diberikan bekal pengetahuan tentang ibadah haji seperti melakukan ritual seperti tawaf, sai, melempar jumrah dan lainya.

Sementara itu Sekcam Kamang Magek, Deswiardi saat membuka acara peragaan manasik haji ini menambahkan, harapannya semua yang dipelajari anak-anak kali ini dapat mendorong anak-anak untuk menjalankan rukun Islam yang kelima yakni melaksanakan ibadah haji ke Baitullah.

Kata Deswiardi, "Ibadah ini perlu proses pembiasaan, contohnya dengan adanya kegiatan manasik haji bagi kalangan anak-anak. Nantinya selepas kegiatan akan timbul kecintaan dan harapannya insya Allah mereka bisa melaksanakan haji ke Baitullah."

Kepala Sekolah TK Aisyiyah Durian, Kamang Mudiak, Elmida diakhir acara menyampaikan, "Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi kegiatan peragaan manasik haji ini. Harapan ke depan terus melakukan syiar islam di Kecamatan Kamang Magek dan harapannya kedepan pemerintah lebih mendukung lagi kegiatan-kegiatan seperti ini," pungkasnya. (Rizky)
×
Kaba Nan Baru Update