Notification

×

Iklan

Iklan

Berbagi Pengalaman Di Bidang Jurnalistik, Puluhan Jurnalis Padang Panjang Sambangi Tribun Pekanbaru

02 Februari 2020 | 18:21 WIB Last Updated 2020-02-02T11:21:37Z


Pekanbaru, Pasbana - Meningkatkan hubungan silaturahmi serta berbagi pengalaman, Puluhan Jurnalis Kota Padang Panjang yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Panjang Drs. Ampera, SH, M.Si mendatangi KantorTribun Pekanbaru, Sabtu kemaren (1/2).

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru, Hasanah Samhudi dan News Manager Tribun Pekanbaru, Febri Hendra. 

Turut serta dalam rombongan tersebut Kabid Informasi Komunikasi Publik Kominfo Padang Panjang Ir. Zulheri, MM, Kasi Dokumentasi Hubungan Media Ryan Afrinaldi, A.Md serta beberapa staf Dinas Kominfo.


Kepala Dinas Kominfo mengatakan bahwa kedatangan ini bertujuan untuk saling berbagi informasi, bertukar pikiran serta pengalaman dengan rekan-rekan dari Tribun Pekanbaru.

"Kami berharap dengan silaturahmi ini tidak hanya meningkatkan tali persaudaraan melainkan juga mendapatkan suatu ilmu dan pengalaman yang mampu diterapkan juga oleh jurnalis kami di Padang Panjang serta bagaimana cara menghadapi perubahan peralihan media cetak menjadi media online," sebutnya.

Disamping itu, ada perwakilan jurnalis dari media Padang Ekspres, Jayusman yang menanyakan, apa contoh dampak dari pemberitaan yang dihasilkan oleh Tribun Pekanbaru, terutama kepada kebijakan pemerintahan dan masyarakat, dan beberapa pertanyaan lainnya.

Disambung juga oleh rekan jurnalis lainnya Alfian, ia mengatakan rasa kagum terhadap Pimpinan Redaksi Tribun Pekanbaru, Hasanah Samhudi, sosok perempuan yang mampu memimpin bagian redaksi Tribun Pekanbaru sebagai salah satu media besar di Provinsi Riau, dan cetak setiap harinya.

Dari hal demikian, Pimpinan Redaksi menjelaskan dan memaparkan apa saja kiat yang dilakukan, mengenai hal itu, pihaknya telah melakukan siasat jauh hari untuk media online, sedangkan untuk media cetak terus dimaksimalkan.


Ditambahkan, pihaknya juga memiliki lembaga pengawas berita, atau Ombudsman, yang juga diistilahkan secara internal dengan nama polisi syariah, untuk mengawasi, memeriksa, dan mengingatkan, jika ada pemberitaan yang berada di luar jalur, yang dipantau secara nasional.

Lanjutnya, News Manager Tribun Pekanbaru menambahkan, redaksi Tribun Pekanbaru memiliki 55 orang tim, sedangkan secara keseluruhan sekitar 120 orang.

Selain mengandalkan cetak dan online sebagai sumber pendapatan, Tribun Pekanbaru juga dijelaskannya memiliki sektor bisnis yang lain, misalnya Event Organizer (EO) yang dikelola secara profesional, kemudian Tribun Family Card (TFC) dan beberapa sektor bisnis lainnya.

Ditambahkan, dampak dari pemberitaan dari berita ekslusif yang menjadi salah satu produk Tribun Pekanbaru adalah perbaikan infrastruktur yang secara langsung dari pemerintah setelah pemberitaan, kemudian ada juga direspon oleh pihak pusat yang turun ke daerah, dan pihak pemerintah kemudian menindaklanjuti pemberitaan tersebut, serta sejumlah dampak lainnya.(rel)
×
Kaba Nan Baru Update