Notification

×

Iklan

Iklan

IAIN Batusangkar Teken MoA dengan SAS

06 Februari 2020 | 16:55 WIB Last Updated 2020-02-06T09:55:37Z


Batusangkar --  Dalam rangkaian rencana kerjasama dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan IAIN Batusangkar, sebanyak 7 orang Dewan Pengurus Pusat Sulit Air Sepakat (SAS) lakukan kunjungan ke IAIN Batusangkar.

Humas IAIN Batusangkar Doni kepada pasbana.com, Kamis (7/02) menyampaikan bahwa ketua DPP SAS Syafrizal Zain, dalam kunjungannya senin kemarin mengatakan bahwa untuk meningkatkan dan pencapain pendidikan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal perlunya kontribusi atas pembanguan daerah dari seluruh leding sektor, baik keluarga, pemerintah nagari dan seluruh tokoh masyarakat dalam mengupayakan pencapaian tersebut.

“Sulit Air Sepakat (SAS), merupakan salah satu organisasi sosial perantauan masyarakat Minang yang sudah diakui dan terkenal serta terbesar di Ranah Minang, kali ini akan menyandingkan program utamanya dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, dalam bentuk penyaluran Beasiswa berprestasi khusunya bagi Mahasiswa IAIN Batusangkar yang bersal dari Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, "ucapnya.

Dikatakan Syafrizal, Memorandum of Agreement (MoA) tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan Maret ini, dan sekaligus penyerahan beasiswa kepada mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di IAIN Batusangkar.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Rizal, M.Ag didamping Kepala biro AUAK Drs. H. Yasrizal, MA menyambut baik dan memberi apresiasi tinggi atas kunjungan dan perhatian besar DPP SAS terhadap keberlangsungan pendidikan mahasiswa IAIN Batusangkar, khususnya mahasiswa dari Nagari Sulit Air, Kab. Solok.

Di samping itu Warek III juga berharap gerakan ini juga sebaiknya dikuti oleh organisasi perantau daerah lainnya, seperti PKDP, IKTD, dan lainnya sehingga mahasiswa yang cerdas, pintar dan hebat tetapi tidak mampu secara finansial, bisa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu yang pada saat nanti bisa membangun daerahnya masing masing.

“Dari data yang di peroleh IAIN Batusangkar ada 54 mahasiswa yang berasal dari Nagari Sulit Air dangan bermacam tingkatan semesternya, dalam waktu dekat ini kita pihak IAIN Batusangkar akan melakukan penjaringan dan seleksi terhadap mahasiswa Nagari Sulit Air yang akan menerima bantuan beasiswa dari DPP SAS, "sampainya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan dengan telah di bukannya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021, yakni Jalur Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dalam hal ini Rizal menyampaikan kepada pengurus DPP SAS akan memproritaskan calon-calon siswa dari Nagari Sulit Air untuk bisa di terima di IAIN Batusangkar.

Adapun salah satu bentuk kerjasama yang akan ditanda tangani adalah, proses seleksi penerima bantuan untuk mahasiswa yang berasal dari Sulit Air dilakukan oleh pihak IAIN Batusangkar melalui penjaringan dengan persyaratan yang ditetapkan bersama. Sedangkan biaya yang akan disalurkan berasal dari perantau Sulit Air yang tergabung dalam SAS. (Hp)
×
Kaba Nan Baru Update