Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Hari Kanker Sedunia Puskesmas Sungai Lasi Gelar Sosialisasi

03 Februari 2020 | 17:16 WIB Last Updated 2020-02-03T10:16:40Z
Pemeriksaan IVA Test di Puskesmas Pembantu Sungai Durian (foto: Nal )

Sungai Lasi, Pasbana.com.- Dalam rangka  memperingati Hari Kanker Sedunia dan menindaklanjuti surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat tentang Peringatan "Hari kanker Sedunia" Puskesmas Sungai Lasi bersama Forkompincam IX Koto Sungai Lasi melaksanakan Upacara serentak, Senin (3/02) di lapangan SMAN 1 Sungai Lasi.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Puskesmas Sungai Lasi  terhadap bahaya kanker, kepedulian ini diwujudkan dengan melakukan "Sosialisasi Bahaya Kanker Sejak Dini". Hari Kanker sedunia yang jatuh setiap 4 Februari ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat lebih memahami  tentang kanker, penyebab kanker, dan cara pengendaliannya sejak dini .


dr. Hernita  sebagai pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan pidato Menteri Kesehatan RI tentang Kanker. Dalam rangka mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia, perlu adanya upaya masif yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kanker. 

Rangkaian kegiatan World Cancer Day 2020 dilaksanakan mulai dari pusat hingga daerah melalui surat edaran kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum agar berpartisipasi aktif dalam peringatan World Cancer Day 2020 dan mengkampanyekan "saya adalah dan saya akan" (I Am and I Will).


Dan untuk peringatan World Cancer Day 2020, yang akan menjadi pembahasan utama adalah kanker usus besar dan leukemia. 

Kanker usus besar merupakan kanker ketiga terbanyak dan penyebab kematian kedua terbanyak (terlepas dari gender) di dunia.

Maka dari itu sebagai Generasi muda maka sebaiknya kita tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat serta selalu menerapkan germas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok diwakili  Gusnial Merida,SKM  Kasi PTM Kab.Solok yang hadir dalam Sosialisasi didampingi Kepala Puskesmas Sungai Lasi Ali Amran, S.Kep bersama Penanggung jawab Program PTM Puskesmas Sungai Lasi Butet Vepra Karmita ,A.Md.Keb  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Puskesmas Sungai lasi dengan sosialisasi diharapkan dapat  mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya kanker. Mendukung masyarakat meningkatkan kesadaran menjadi generasi mengubah kehidupan yang lebih sehat," terangnya .


Penyakit kanker disebut sebagai epidemi global. Hal ini berarti kanker telah menjadi masalah di dunia karena jumlah penderita kanker yang terus meningkat dengan demikian pula dengan kematiannya. Ia mengatakan bahwa penyebaran dapat diaktifkan bersama dan dimulai dari diri sendiri.

Selesai Upacara kegiatan dilanjutkan Pemeriksaan IVA test Ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Sungai Durian serta pada tanggal 4 Februari 2020 dilaksanakan IVA test di Puskesmas Sungai Lasi, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat menghadirinya karena pemeriksaan IVA test ini adalah Gratis, tutupnya.

Kegiatan juga  dihadiri oleh petugas kesehatan Puskesmas Sungai Lasi dan forkompincam,wali nagari serta Guru dan tenaga pendidik Se-Kecamatan  IX koto Sungai Lasi.(Nal).
×
Kaba Nan Baru Update