Notification

×

Iklan

Iklan

Ramadhan dan Memakmurkan Masjid

20 April 2020 | 16:22 WIB Last Updated 2020-04-20T09:25:53Z
Ustd. Erianto Malin Mudo. Direktur Operasional PT. Bumi Serambi Mekkah (BSM) dan Anggota Komisi Dakwah MUI Kota Padang Panjang




Saudaraku yang berbahagia...

Di antara syiar Islam yang mendapat perhatian umat saat datangnya bulan Ramadhan adalah Masjid. Di mulai perhatian terhadap Fisik Masjid, dengan di lakukannya pembersihan, pengecatan ulang, bahkan renovasi yang sangat di butuhkan oleh jamaah/ umat.

Dan tidak di pungkiri, bahwa saat Ramadhan datang, semangat masyarakat untuk datang ke masjid meningkat secara drastis.

Hal itu terlihat dari banyaknya jamaah ketika shalat lima waktu dan tarwih, bahkan kajian taklim pun di padati oleh para pengunjung.

Hal seperti inilah yang perlu kita pertahankan untuk tetap dekat dengan masjid, yakni selalu memakmurkan Masjid disaat Pandemi Covid 19.

Ramadhan sudah di ambang pintu, tiga hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H, 2020/ M. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk menjalani ibadah dengan sempurna.

Lalu bagaimana di saat Wabah corona meraja lela hari ini, kita di sarankan untuk beribadah di rumah bersama keluarga, dan tetap Stay at Home, bukan lagi di Masjid.

Maka sebagai umat yang selalu peduli untuk memakmurkan rumah Allah yaitu masjid, caranya adalah :

1. Kajian keilmuan, Membahas berbagai masalah keagamaan dan sosial yang di butuhkan masyarakat secara online, tanpa menghadirkan masa, melalui pengeras suara di masjid/ Mushalla.

2. Menyediakan klinik kesehatan/ membentuk posko covid 19, untuk masyarakat miskin melayani pengobatan secara gratis, bagi kaum Dhu'afa.

3. Pada setiap malam Ramadhan sebelum di laksanakan shalat Tarwih, pengurus selalu mengumpulkan infak, gunanya adalah untuk biaya operasional masjid, ya... kalau hari ini kita tidak shalat berjamaah di masjid, di karenakan Pandemi covid 19, sehingga Umara dan ulama menyarankan kita untuk beribadah di rumah masing-masing.

Maka sisihkanlah harta kita walaupun mungkin sedikit, mungkin mulai dari seribu rupiah (1.000) sampai lima Ribu Rupiah (5 .000) satu hari, sehingga Ramadhan berakhir dan Wabah coviid 19 pun berakhir, infak yang kita kumpulkan bisa kita salurkan kepada masjid yang ada di sekitar tempat kita tinggal.

Uangnya nanti bisa di jemput oleh petugas masjid kerumah anda, semoga bisa kita lakukan.

4. Membuat kegiatan untuk anak remaja, yang di laksanakan secara online, mungkin bisa jadi lomba tahfidz, lomba menulis puisi dakwah, dan lomba da'i cilik yang hasilnya bisa di kirim melaui FB, WA, Masjid.

5. Menyediakan berbuka bersama, artinya Berbuka bukan di Masjid akan tetapi Ada seseorang Hamba Allah misalnya yang menyediakan berbuka untuk masyarakat/ umat, dan petugas masjidlah yang nanti akan mengantar kerumah, tentunya khusus bagi orang yang membutuhkan.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, untuk selalu meningkatkan gairah ibadah kita memakmurkan Rumah Allah di bulan suci nantinya.

Semoga kelak kita orang-orang yang selalu memakmurkan rumah Allah termasuk salah satu golongan yang Allah mudahkan masuk surganya Allah.

×
Kaba Nan Baru Update