Foto : Erison J Kambari |
pasbana- Inti dari pengamalan adat Minangkabau adalah suatu pandangan hidup yang berpangkal pada budi pekerti yang baik. Didalamnya mengandung peraturan tata cara hidup bermasyarakat serta tingkah laku dan perbuatan yang berlandaskan kepada budi pekerti yang baik.
Budi pekerti yang baik adalah kunci untuk pembuka pintu hati manusia, dan budi inilah yang menghubungkan manusia secara baik dalam pergaulan sehari-hari. Secara filosofis, adat Minangkabau menanamkan kesanggupan seseorang merasakan ke dalam dirinya apa yang di rasakan oleh orang lain.
Dalam beradat di Minangkabau harus selalu berbuat didalam pergaulan yaitu :
"nan elok dek awak, ka tuju dek urang ",
yang artinya di dalam tingkah laku dan perbuatan berbuatlah yang baik juga elok dan enak bagi orang lain.
Ada 4 macam sifat yang menjadi inti dari budi pekerti di Minangkabau, yaitu :
- Raso (rasa),
ialah perasaan yang halus didalam dirinya seseorang baik laki-laki maupun perempuan. yang bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
- Pareso,
ialah pemikiran yang penuh pertimbangan yang teliti, yang bisa membedakan antara baik dan buruk untuk dirinya dan orang lain, begitupun manfaat nya apa.
- Malu,
ialah salah satu sifat yang baik dalam diri manusia yang menjauhkan seseorang dari berbuat kesalahan menurut pandangan agama, adat dan undang-undang yang berlaku baik dilihat atau tidak dilihat, diketahui atau tidak oleh orang lain.
- Sopan,
ialah tingkah laku dan perbuatan didalam pergaulan yang mencerminkan kebaikan. Karena sopan ini hanya bisa lahir dari orang yang memiliki sifat tiga macam sebelumnya yaitu rasa, pareso, dan malu.
Dari rasa-pareso-malu-dan sopan inilah ajaran yang terkandung dalam adat minangkabau, jika hilang salah satu nya dari empat ini mengakibatkan hilang lah seluruh nya karena satu dengan yang lain saling tumpang menumpang dan berkaitan serta bukanlah orang yang ber adat lagi.
Pelaksanaan budi pekerti yang baik dapat ditunjukkan seperti berikut;
Mangecek Bahikmah
aratinyo bapikia apo nan patuik kadikatoan tapi pantang mangatoan, kecek lamak
indak manggisai, kato boneh mamaliharo kok bana indak tabandiang, kok kareh indak
talosolang. jadi panawa dek rang banyak.
Artinya berpikir apa yang patut disampaikan namun hati-hati dalam berkata-kata, bicara baik tanpa menyinggung perasaan, kalimat yang berisi diutamakan, benar tanpa membanding-bandingkan, tegas tanpa bersifat keras, dan mampu jadi penawar bagi orang banyak.
Bakato Indak Sombong
aratinyo kok roda sadang diateh, kok tampuak sadang bagatah, sombong takabua
bajauahan, sabab inyo sadar jo Sunnatullah, bumi baputa jo sumbunyo,alam baputa
jo iradat.kini basah,bisuak kok kariang,nan diateh musti kabawah, disinan rimah
bapiliah juo.
artinya ketika roda sedang di atas, ketika tampuk sedang bergetah, sifat sombong dan takabur dijauhkan, sebab dia sadar dengan Sunnatullah, bumi berputar , alam berputar sesuai iradat, saat ini basah, besok bisa saja kering, yang di atas akan ke bawah, disanalah remah-remah akan dipilih lagi.
Manolong Indak Riya
aratinyo suko baragiah basidakah, panyantun kurang indak, paibo bakeh
sibansaik. kamambari karano ALLAH, bukan maharok pambalasan apolai pujian dapek
sanjuang. konon mambangkik jo maamun.
Artinya suka memberi bersedekah, penyantun, peduli kepada kaum dhuafa', memberi semata-mata karena Allah, bukan mengharapkan pujian dan sanjungan.
Babantah Indak Badandam
aratinyo kok tumbuah basilang kato,salisiah paham dalam rapek,batuka paham samo
gadang inyo bamuko manih juo.rundiang babateh bainggoan,dapek dirimbo ilang
disamak nan batin pantang kabaranggang.
Artinya ketika muncul silang pendapat, berselisih paham, bertukar paham saling berbesar hati tetaplah baik dalam penampilan, berunding dengan batasan-batasan aturan, dan jangan sampai renggang hubungan. Cukupkan hanya di perundingan, di keseharian tetaplah baik kembali.
Nyampang Susah Indak Tagamang
aratinyo nyampang cobaan nan manimpo, awak bansaik panyakik ampia, dunsanak jadi
rang lain nan sayang lah jajok pulo, nan inyo baiman taguah juo. pantangnyo
maupek upek manyasa manyanda untuang,atau iduik manyisiah nyisiah randah diri jo
samo gadang,raso minder kato rang kini.
Artinya ketika cobaan datang menimpa, iman tetaplah teguh dijaga dan pantang menyebut kata menyesal dan menyandarkan harapan. Tidak hidup rendah diri dan minder.
Disapo Indak Panyingguang
aratinyo kok ado nan banasehat,datang kritik dari kawan tibo bandiangan dari
kawan jo urang sayang disangkok jajok, bukan.kok talongsong inyo suruik, kok
tadorong inyo kumbali. rila jo maaf dipuhunkan.
Artinya ketika ada yang menasehati, datang kritik dari kawan tentang kita, ikhlas dan kata maaflah yang perlu dilakukan.
Bagaua Indak Pambingik
aratinyo mancaliak kawan nan sadang jatuah asok, kawan nan sadang tagak
tali, haram kok inyo raso bingik. syukur taloncek dimuluiknyo. mambayang suko
diparoman gilo mamuji jo manyanjuang, babagi raso caro haluihnyo.
Artinya kawan yang sedang jatuh nasibnya, ketika melihat kawan yang sedang berjaya, tidaklah menjadi iri, syukur keluar dari mulusnya. kerjanya memuja dan menyanjung, berbagi rasa dengan cara halus.
Semoga apa yang tertuang dalam petuah ini menjadi pelajaran kita bersama. Dan makin tahu Indonesia akan budaya dan karakter masyarakatnya. (Budi)