Notification

×

Iklan

Iklan

Menarik! Sukses Ternak Ayam Petelur Diusia Muda

01 April 2023 | 10:43 WIB Last Updated 2023-04-01T03:45:44Z
Kandang Ayam Pak Haris (Sumber: Dokumentasi Aiysah Jasrilian Nissa, 2023)


Oleh Aiysah Jasrilian Nissa 
2210613075 
Fakultas Peternakan Universitas Andalas.


Pasbana - Pak Haris Julian di usia nya yang cukup muda mencoba memulai usaha peternakan ayam petelur di sebuah desa yang terletak di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. 

Pak Haris ingin mencoba usaha budidaya ayam petelur karena di daerah dekat tinggalnya belum ada. Pak Haris di bantu oleh dua orang yang membantu nya dalam mengurus ayam seperti memberi makan, membersihkan kandang ayam serta memanen telur.

“Awal mula lintau pada umumnya di daerah Koto Panjang sudah banyak usaha ayam petelur. Namun, daerah bagian atas yaitu Balai Tengah dan Batu Bulek belum ada usaha ayam petelur, jadi karena saya ada modal dan juga ada koneksi ke CV. Rajawali Feet Senter saya mencoba usaha untuk ayam petelur ini” ungkap pak haris selaku pemilik usaha ayam petelur.

Peternakan merupakan salah satu subsektor agribisnis yang mempunyai prospek yang sangat bagus bila dikembangkan secara optimal. Kemajuan dan perkembangan subsektor peternakan akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Pembangunan subsektor peternakan merupakan bagian dari sektor pertanian negara secara umum dan bagian dari pembangunan nasional secara keseluruhan. Pembangunan subsektor peternakan bertujuan untuk meningkatkan produksi peternakan dengan prioritas untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi serta meningkatkan pendapatan peternak. 

Selain itu, pengembangan di bidang peternakan akhirakhir ini mulai menjadi perhatian penting yang disebabkan adanya program diversifikasi pangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat (Rohani dkk, 2011 : 1).

Peternakan Pak Haris sudah berjalan selama 2 tahun dan sekarang ayam nya mencapai berjumlah 2500 ekor. Ayam yang digunakan Pak Haris ialah ayam jenis Lohmann .Dalam pemberian pakan di berikan 2 kali sehari, untuk pagi jam 07.00 dan untuk siang jam 14,00. Ayam petelur milik Pak Haris bisa di panen setelah habis masa betelurnya kira kira 18-24 bulan, di umur 24 bulan ayam sudah bisa di panen karena ayam sudah tidak memproduksi telur lagi dan sudah habis masa bertelurnya. 

Lalu penjualannya kita serahkan kepada orang yang memiliki usaha ayam pedaging dan di jadikan sebagai ayam pedaging.
Omset penjualan usaha pak haris ini tergantung harga telur di pasaran, karena harga telur ayam itu lumayan murah jadi omset nya tidak menentu. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhui keberhasilan produksi telur ayam salah satunya adalah perubahan cuaca yang tak menentu,”perubahan cuaca membuat jumlah produksi telur agak menurun”ungkap pak haris.




Hasil Panen Telur Ayam Pak Haris (Sumber: Aiysah Jasrilian Nissa, 2023)



Kesuksesaan beliau dalam mengelola ayam petelur adalah selalu memperhatikan faktor faktor yang penting dan tepat dalam mengembangkan usaha peternakan ayam tersebut.

Berikut hal hal yang harus diperhatikan dalam beternak ayam petelur;

Tempat yang strategis


Ayam jauh dari lingkungan tempat tinggal masyarakat karena ayam petelur rentan terganggu dengan adanya bising serta masyarakat juga akan terganggu oleh bau dari kotoran ayam.

Pembuatan pakan racikan


Pakan yang baik dan seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Ayam petelur membutuhkan nutrisi yang tepat untuk memproduksi telur dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang cukup.

Kandang


Kandang harus cukup besar untuk menampung ayam petelur dengan nyaman. Ayam petelur yang dipelihara dalam kandang yang terlalu kecil dapat menyebabkan stres, terlalu banyak bertumpuk, dan berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitasnya.

Kandang harus memiliki ventilasi yang cukup untuk memastikan sirkulasi udara yang baik dan mengurangi kelembaban. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit dan memberikan lingkungan yang nyaman bagi ayam petelur.

Pencahayaan yang cukup sangat penting untuk mengatur siklus reproduksi ayam petelur dan membantu meningkatkan produksi telur. Kandang harus ditempatkan di tempat yang cukup terang dan mempunyai sistem pencahayaan yang baik.

Suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin sangat penting untuk kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Kandang harus memiliki sistem pengatur suhu yang baik untuk menghindari kondisi yang tidak nyaman bagi ayam petelur.(*) 
×
Kaba Nan Baru Update