Notification

×

Iklan

Iklan

Semarak Tahun Baru Hijriyah, Pontren Kauman Gelar Motivasi Menghafal Al Qur'an

25 Juli 2023 | 22:36 WIB Last Updated 2023-07-26T02:47:37Z


PADANG PANJANG, PASBANA -- Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang laksanakan kegiatan Motivasi dalam Menghafal Al Qur'an di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Senin (24/7). 

Kegiatan yang digelar guna menyemarakkan tahun baru Hijriyah ini, diikuti sebanyak 640 santri Kauman yang dibuka Direktur Tahfidz Pontren Kauman, Ustaz Ogi Faturrahman, S.Hum.

Ustaz Ogi mengatakan, cinta pada Al Qur'an merupakan hal yang harus ditanamkan dalam diri kita masing masing. “Insya Allah jika kita menghafal Al Qur'an, maka kita mendapatkan pahala di sisi Allah SWT," ucapnya.

Sementara itu, Ustaz Esa Ahmadi selaku narasumber menyebutkan ada beberapa metode untuk menghafal Al Qur'an.

"Pertama ada memakai tiga ayat, ada yang memakai lima ayat. Apabila sudah lancar maka lanjut ke lima ayat berikutnya. Kedua, membagi per baris yakni pagi lima baris hingga setelah Isya. Ada juga per halaman," jelasnya.

Ditambahkannya, adapun syarat-syarat untuk menghafal Al Qur’an selanjutnya yaitu memperbaiki Makhraj huruf agar bisa menghafalnya dengan lancar.

Mudir Pontren Kauman, Ummi Derliana, Selasa (25/7) menyebutkan, pada kegiatan tersebut tidak hanya motivasi dalam menghafal Al Qur'an. Santri juga belajar bagaimana adab dalam menghafal Al Qur'an dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan penghafal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Mudir Pontren Kauman, Ustaz Insan Adha Hasibuan, wakil madrasah, majelis guru, dan musyrif/musyrifah Kauman Muhammadiyah. (rel)
×
Kaba Nan Baru Update