Notification

×

Iklan

Iklan

PKN 2023 Bertajuk Gerakan Kalcer Festival Pusako Hadir di Sumbar

10 Oktober 2023 | 06:51 WIB Last Updated 2023-10-10T08:54:45Z


Padang, pasbana - Pekan Kebudayaan Nasional 2023 bertajuk Gerakan Kalcer Festival Pusako hadir di Sumbar yang akan berlangsung di Fabriek Bloc, Kota Padang pada 11-15 Oktober 2023 mendatang. 

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun ini membawa tema Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan. Direktur Artistik Festival Pusako, Mahatma Muhammad mengatakan gelaran ini merupakan sebuah peristiwa kolektif, ruang tamu dari para pewaris pusako untuk merawat, mengembangkan, dan memperkaya nilai-nilai warisan budaya yang menjadi milik bersama.

Menurut pusako, secara umum bisa diartikan sebagai aset kekayaan berwujud materiil atau tentang hal yang beririsan langsung dengan kebendaan yang diwariskan secara turun temurun.

"Dengan pemaknaan pusako tersebut, segenap tim kurator dan kepanitiaan bekerja sama mempertahankannya dengan langkah masing-masing. Kami berupaya menolak hilang pusako dek pancarian,” imbuh Mahatma, Senin (9/10/2023)

Dengan demikian, tim yang terlibat adalah representasi dari banyaknya ruang dan komunitas di Sumatera Barat.

Ia menambahkan tim kuratorial terdiri atas 5 penggerak dengan fokus yang berbeda, meliputi aspek kehidupan manusia Sumatera Barat: atraksi budaya, literasi (mencakup arsip dan film), gastronomi (seni menyiapkan hidangan), musik, dan seni rupa.

Sementara itu, catatan tim kurator terdiri dari Rijal Tanmenan, Harista Wijaya, Angelique Maria Cuaca, Akbar Nicholas, dan Yusuf Fadly Aser, menyebut tujuan Festival Pusako semacam pengalaman dialog kreatif terhadap penghayatan masa lalu dalam identitas dan pengalaman yang menggambarkan narasi akar tradisi.

Para kurator sepakat untuk meninjau kembali praktek dan makna pusako, khususnya dalam tradisi Minangkabau untuk kemudian menjadi formulasi ide dalam penggambaran gagasan.

Bukan hanya tentang menggambarkan masa lalu semata, melainkan justru memantik bahkan merumuskan kesadaran baru yang relevan sesuai perkembangan zaman. (rel / pdg)
×
Kaba Nan Baru Update