Notification

×

Iklan

Iklan

Tahun 2022, Angka Kemiskinan Ekstrim Kota Padang Turun jadi 4,26 persen

11 November 2023 | 22:43 WIB Last Updated 2023-11-11T23:46:56Z


Padang, pasbana- Angka kemiskinan ekstrim di Padang berhasil diturunkan Pemerintah Kota Padang. Berkat usaha itu, Pemko Padang menerima penghargaan dari pemerintah pusat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin kepada Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (9/11/2023). Wawako Ekos Albar pun mengucap syukur.

“Tentunya kita bersyukur atas penghargaan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat,” ujar Ekos Albar.

Kesuksesan Pemerintah Kota Padang dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrim tidak saja mendapat penghargaan. Kota Padang juga ketiban dana insentif fiskal sebesar Rp5,3 Miliar dari pemerintah pusat.  

“Kita juga mendapat dana insentif fiskal. Penghargaan ini akan kami jadikan dorongan untuk membangun Kota Padang lebih baik lagi," ucap wawako.

Diakui Wawako, tren Kemiskinan Kota Padang dari tahun 2010 sampai dengan 2022 mengalami penurunan yang signifikan. Sebelumnya di angka  6,31 persen pada tahun 2010, turun menjadi 4,26 persen di tahun 2022 atau telah mengeluarkan sebanyak 6.070 jiwa keluar dari garis kemiskinan.

"Program yang dilaksanakan mendukung program nasional untuk percepatan penghapusan kemiskinan melalui strategi rencana aksi, yaitu menurunkan beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan, mengurangi kantong-kantong kemiskinan, serta monitoring dan evaluasi, yang disalurkan melalui OPD yang memiliki Program Penanggulangan Kemiskinan (Pronangkis),” pungkas Wakil Wali Kota Padang itu.(rel) 
×
Kaba Nan Baru Update