Notification

×

Iklan

Iklan

Wagub Audy: Bermain Bukan Hanya kebutuhan Fisik, tapi Juga Psikologis dan Emosional

18 November 2023 | 18:28 WIB Last Updated 2023-11-18T11:37:21Z


Padang, pasbana - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meyebutkan bahwa aktivitas bermain bagi anak-anak bukanlah sekadar kegiatan ringan atau hiburan semata. Ia mencerminkan proses belajar yang esensial bagi perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif mereka. 

"Dalam suasana yang penuh keceriaan dan kebebasan, anak-anak belajar mengenali diri mereka sendiri, mengeksplorasi dunia di sekitar mereka, dan mengembangkan keterampilan-keterampilan penting yang akan membentuk fondasi masa depan mereka," ungkap Audy Joinaldy, pada pembukaan Festival Anak Sumatera Barat 2023 dengan tajuk ‘Pertemuan di Taman Bermain’, di Halam Istana Gubernur Sumbar, Sabtu (18/11/2023). 

"Penting untuk kita semua memahami bahwa bermain bukanlah hanya kebutuhan fisik semata, tetapi juga kebutuhan psikologis dan emosional anak-anak. Melalui permainan, mereka dapat mengungkapkan ide-ide kreatif mereka, belajar bekerja sama dengan teman-teman sebayanya, dan mengasah kemampuan berpikir kritis," imbuhnya.

Ini adalah langkah-langkah awal yang penting dalam membangun fondasi kecerdasan emosional dan sosial yang kuat.

"Perlu kita sadari bersama bahwa permainan bagi anak-anak bukanlah sekadar "main-main", melainkan investasi berharga bagi masa depan mereka. Ketika anak-anak belajar berbagi dan berkomunikasi melalui permainan, mereka sedang membangun dasar untuk kemampuan sosial yang akan mereka butuhkan di dunia nyata.

Kemudian ketika mereka menyelesaikan teka-teki atau mengejar bola, mereka sedang melatih otak mereka untuk berpikir logis dan mengembangkan kemampuan problem-solving yang akan membantu mereka mengatasi tantangan di masa depan.

"Oleh sebab itu, kami menyambut baik penyelenggaraan Festival Anak Sumatra Barat 2023 yang bertajuk “Pertemuan di Taman Bermain," ujar Audy.

Lebih lanjut kata Audy, ia mengajak semua orang tua, pendidik, dan masyarakat untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif yang mempromosikan permainan dan kegiatan anak-anak.

Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang memberdayakan, mendukung, dan menginspirasi setiap anak untuk meraih impian mereka.

"Dengan begitu, kita tidak hanya merayakan kebahagiaan mereka hari ini tetapi juga membentuk arah positif bagi masa depan Sumatra Barat yang lebih gemilang," kata dia.

"Terima kasih atas partisipasi dan dukungan Anda semua dalam mewujudkan visi ini. Selamat menikmati Festival Anak Sumatra Barat 2023," pungkasnya. (rel/bd).
×
Kaba Nan Baru Update