Notification

×

Iklan

Iklan

Alek Pacu Jawi: Tradisi Anak Nagari yang Perlu Dilestarikan

11 Desember 2023 | 22:55 WIB Last Updated 2023-12-12T03:58:18Z


Payakumbuh, pasbana  – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman bersama Ketua TP-PKK Lasta Jasman menyaksikan langsung pelaksanaan alek Pacu Jawi dalam rangka HUT Kota Payakumbuh ke-53 di Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (11/12/2023).

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman mengatakan ‘alek’ pacu jawi yang merupakan tradisi anak nagari ini harus terus dipertahankan dan lebih dipublikasikan.

“Agar ini dapat terus berkembang dan semakin diminati masyarakat bahkan wisatawan, tradisi anak nagari ini memang harus lebih dipublikasikan sehingga nantinya dapat menghadirkan wisatawan ke Kota Payakumbuh,” katanya.

Disampaikannya bahwa tradisi anak nagari harus terus dilestarikan salah satunya dengan terus melaksanakan berbagai event setiap tahunnya.

“Kita Pemko Payakumbuh akan terus mendukung pelestarian budaya dan tradisi anak nagari salah satunya dengan melaksanakan event-event setiap tahunnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Pj Wali Kota juga menyerahkan langsung dana pembinaan yang berasal dari Kormi Kota Payakumbuh sebesar Rp6 juta.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Payakumbuh YB. Dt Parmato Alam mengatakan acar ini merupakan agenda festival olahraga masyarakat Kota Payakumbuh.

“Ini rangkaian tradisi anak nagari yang dilaksanakan dan difasilitasi Disparpora. Kegiatan ini untuk menjaga pelestarian dan pengembangan Pacu Jawi,” katanya.

Ke depan, kata dia, berharap agar ini tetap menjadi kebijakan Pemko Payakumbuh dan pelaksanaan selanjutnya lebih dikelola dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata Payakumbuh Nofriwandi mengatakan kegiatan pacu jawi ini merupakan kalender resmi Pemerintah Kota Payakumbuh setiap tahunnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menghibur masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di lokasi kegiatan,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Payakumbuh Timur Hepi, Plt Lurah Tiakar, Ketua Gonjong Limo Pekanbaru, Ketua Korwi Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, dan sejumlah awak media. (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update