Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Kabupaten Agam Gelar Pentas Seni, Sosialisasikan Pemilu Serentak

03 Desember 2023 | 08:19 WIB Last Updated 2023-12-04T03:58:27Z


Agam, pasbana - Dalam rangka menuju Pemilu Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam menggelar acara pentas seni. Acara tersebut digelar di Lapangan Gor Rang Agam Padang Baru Lubuk Basung, Sabtu (2/12/2023).
Rangkaian kegiatan dalam acara ini diantaranya penampilan lagu dari Artis Minang Ovhy Firsty dan Shimphony Band serta dimeriahkan pula dengan doorprize bagi yang beruntung melalui barcode yang telah disediakan sekitar Gor dan melalui medsos KPU Agam.
Acara ini dihadiri oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Agam Budi Perwira Negara, KPU Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Ory Sativa Syakban, Dandim 0304 Agam, Kapolres Agam yang diwakili oleh Wakapolres Agam Kompol Andrizal Gucci, Ketua KPU Agam Herman Susilo beserta jajarannya, Ketua Bawaslu Agam Suhendra beserta jajarannya.
Tujuan acara ini yaitu salah satu upaya untuk mensosialisasikan Pemilu, dimana melalui pentas seni pemilih pemula serta masyarakat diimbau dan diajak untuk berperan aktif menyukseskan Pemilu 2024. D
Kegiatan ini bukan sebatas hiburan semata, melainkan upaya dan sosialisasi dari KPU untuk mengajak masyarakat terutama pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya.
Ory Sativa Syakban dalam sambutannya ingin memastikan kepada masyarakat Kabupaten Agam tanggal diselenggarakannya pemilu dilaksanakan serta memastikan kepada masyarakat memeriksa dirinya sebagai daftar pemilih tetap yang bisa dicek melalui DPT online.
"Pemilu 2024 ini waktunya sangatlah singkat yaitu 75 hari sedangkan pemilu pada tahun 2019 waktu nya kurang lebih 202 hari maka dalam pelaksana kampanye ini yang waktunya singkat diminta masyarakat harus menikmati prosesnya dengan cara mempelajari program kerja dari caleg kemudian gunakan hak pilih " kata Ory Sativa.
Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selama kampanye tidak boleh menyebarkan informasi hoaks dan tidak menyebarkan informasi mengandung unsur SARA, ujar kebencian.
Lalu Ory juga berharap untuk masyarakat bisa mengajak keluarga dari sekarang untuk menggunakan hak pilih pada tanggal 14 Februari 2024 sehingga bisa mewujudkan pemilu yang berintegritas.
KPU menegaskan bahwa selama penyelenggaraan pemilu KPU berada pada posisi netral begitu pula ditegaskan kepada ASN, TNI dan Bawaslu.
"Dihimbau kepada seluruh partai politik Caleg untuk berkampanye dengan penuh tanggung jawab serta diingatkan pada Caleg partai politik selama kampanye untuk tidak melanggar aturan karena jika itu terjadi maka KPU akan coret Caleg dari Daftar Calon Tetap" tutup Ory Sativa.
Selanjutnya Andrizal Gucci menyampaikan bahwa Kapolres Agam selalu siap untuk mengamankan jalannya pemilu dari mulai pendaftaran caleg sampai hari pencoblosan serta Kapolres Agam telah menjalankan Operasi Mantap Brata yang bertujuan mengamankan rangkaian Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024.
"Kami Kapolres Agam menghimbau kepada masyarakat supaya mari kita wujudkan pemilu tahun 2024 yang aman ,damai, badunsanak tidak adanya kericuhan" harapan Andrizal Gucci
Budi Perwira Negara juga menyampaikan bahwa Pemkab Agam mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU Agam yang telah menyelenggarakan acara ini yang merupakan ide kreatif dan inovatif pertama kali diadakan oleh KPU Agam. Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di kabupaten Agam dalam pelaksanaan pemilihan umum pilkada atau pemilu.
Budi berharap dengan adanya acara pentas seni bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 nanti.
"3 harapan dari Pemerintah Kabupaten Agam melalui tri sukses dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024 yaitu sukses dari segi penyelenggaraan, sukses dari segi pengamanan dan terakhir sukses dari segi partisipasi masyarakat" tutup Budi.(rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update