Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Pemko Padang Siapkan Strategi Jitu Lawan Inflasi

28 Februari 2024 | 17:25 WIB Last Updated 2024-02-28T10:29:07Z


Padang, pasbana - Menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kota Padang tak tinggal diam. Berbagai langkah strategis disiapkan untuk mencegah kenaikan inflasi yang kerap terjadi di momen tersebut.

Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang. Dalam rapat tersebut, Ekos memaparkan beberapa strategi jitu untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Salah satu fokus utama Pemko Padang adalah memastikan ketersediaan bahan pangan dengan harga terjangkau. Untuk itu, Ekos menegaskan, pelaksanaan pasar murah akan diintensifkan dan di laksanakan secara merata di setiap kecamatan.

"Pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah," jelas Ekos.

Selain itu, frekuensi operasi pasar juga akan ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penimbunan barang atau komoditi yang dapat memicu kenaikan harga.

Pemko Padang juga tak segan menjalin kerjasama dengan kabupaten/kota penyangga kebutuhan pangan. Kerjasama ini diharapkan dapat memperlancar distribusi dan menjaga stabilitas harga.

Ekos pun menaruh harapan besar pada Bulog. Ia meminta jaminan ketersediaan stok beras untuk dua tiga bulan kedepan.

"Dengan langkah-langkah ini, kami optimis dapat menahan laju inflasi di Kota Padang dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari dengan harga yang stabil," tegas Ekos.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, inflasi tahun ke tahun per Januari 2024 tercatat sebesar 2,43 persen, dengan deflasi bulan ke bulan sebesar 0,09 persen.

Kepala BPS Kota Padang, Alfianto, memaparkan bahwa deflasi ini didorong oleh kelompok transportasi dan cabai. Sementara komoditas penyumbang inflasi tertinggi adalah ikan cakalang/sisik, sewa dan kontrak rumah.

Upaya pengendalian inflasi yang dilakukan Pemko Padang ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Langkah Pemko Padang ini patut diapresiasi. Dengan strategi yang tepat dan kerjasama antar berbagai pihak, diharapkan inflasi di Kota Padang dapat dikendalikan dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.(bd) 
×
Kaba Nan Baru Update