Notification

×

Iklan

Iklan

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang 2024 di Padang Panjang: Sinergi Pengamanan Idul Fitri

03 April 2024 | 11:51 WIB Last Updated 2024-04-03T04:51:31Z

Padang Panjang, pasbana - Polres Padang Panjang menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang 2024 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Apel yang berlangsung pada hari Rabu (3/4) di halaman Mapolres Padang Panjang ini dipimpin oleh Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra A.P., M.S.I.
Turut hadir dalam apel tersebut Forkopimda Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar, serta kepala OPD Kota Padang Panjang.
Dalam amanatnya, Pj. Walikota Padang Panjang membacakan amanat Kapolri yang menyatakan bahwa Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2024 ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan dalam pelaksanaan operasi sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan arus mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
Pada tahun ini, Polri bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H.
Oleh karena itu, TNI-Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal. Sebanyak 155.165 personel dilibatkan dalam operasi ini, yang berlangsung selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024.
Pj. Walikota Padang Panjang menekankan bahwa sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya.
Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso WP, S.I.K., M.A.P., melalui Kasi Humas Iptu Zamasdi mengatakan bahwa Polres Padang Panjang melibatkan sebanyak 156 personel dalam operasi ini. Personel tersebut telah dibagi di berbagai pos pengamanan dan pelayanan.
"Polres Padang Panjang memiliki 2 Pos Pengamanan, yaitu Pos Pam Pasar Padang Panjang di samping gedung M Syafei dan Pos Pam Tanjung Mutiara di Kecamatan Batipuh Selatan," kata Iptu Zamasdi.
"Sedangkan untuk Pos Pelayanan, ada sebanyak tiga pos yang terletak di Masjid Hidayatullah Air Terjun, Jembatan Kembar, dan X Koto (depan Man Koto Baru)," pungkasnya.
Operasi Ketupat Singgalang 2024 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan aman dan nyaman.(hms/bd)
×
Kaba Nan Baru Update