Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Bandang Terjang Padang Panjang, 3 Orang Hilang dan 2 Warung Terbawa Arus

12 Mei 2024 | 11:34 WIB Last Updated 2024-05-12T04:41:44Z


Padang Panjang, pasbana - Hujan deras yang mengguyur Kota Padangpanjang pada Sabtu malam (11/5) mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah. 

Banjir ini dipicu oleh meluapnya air Sungai Lubuk Mata Kucing akibat intensitas hujan yang tinggi.

Menurut laporan dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir terjadi sekitar pukul 22.00 WIB dan merendam beberapa kelurahan di Padangpanjang, antara lain:
  • Kelurahan Pasar Usang dan Silaing Bawah di Kecamatan Padang Panjang Barat
  • Kelurahan Sigando dan Ekor Lubuk di Kecamatan Padang Panjang Timur

Akibat banjir ini, 3 orang dilaporkan hilang dan masih dalam proses pencarian. Selain itu, 6 rumah warga terdampak dan 2 warung terseret arus banjir.

"Tim gabungan dari BPBD Kota Padangpanjang dan instansi terkait telah melakukan pencarian terhadap 3 orang yang hilang," ujar Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, pada Minggu (12/5). 



"Hingga saat ini, 1 orang telah berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, sedangkan 2 orang lainnya masih dalam pencarian."

Banjir di Kelurahan Pasar Usang juga menyebabkan putusnya akses jalan di Simpang Lubuk Mata Kucing menuju Nagari Singgalang di Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. 

Banjir bandang ini juga mengakibatkan tempat Pemandian Lubuk Mata Kucing hanyut terbawa arus sungai.

BPBD Kota Padangpanjang masih terus melakukan upaya pencarian terhadap 2 orang yang masih hilang. Tim gabungan juga membantu warga yang terdampak banjir untuk membersihkan rumah dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update