Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Padang Panjang dan Personil Goro Bersihkan Sawah dan Sungai Terdampak Banjir Lahar Dingin

18 Mei 2024 | 20:00 WIB Last Updated 2024-05-18T13:02:48Z


Padang Panjang, pasbana - Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, S.I.K, M.AP, bersama personil Polres Padang Panjang, instansi terkait, dan masyarakat setempat bahu membahu melakukan kegiatan gotong royong (goro) membersihkan sawah masyarakat dan aliran sungai yang terdampak banjir lahar dingin di Kampuang Asam Jorong Batang Gading Kecamatan Batipuh, pada Sabtu (18/5/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.

Didampingi Kapolsek Batipuh Iptu Wadriadi, Kapolres beserta rombongan tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan ini, Kapolres juga menurunkan Polwan Polres Padang Panjang untuk ikut goro bersama warga.

Kehadiran Kapolres dan anggota Polres Padang Panjang dalam kegiatan ini disambut dengan sangat baik oleh wali perangkat nagari dan warga Kampung Asam Jorong Batang Gadih.

Di sela-sela kegiatan pembersihan material banjir di sawah masyarakat dan aliran sungai Kampung Asam, Kapolres menyampaikan bahwa pihaknya bersama TNI, Pemerintah Kabupaten, dinas terkait, dan masyarakat terus bekerja untuk menormalkan kembali kondisi lingkungan masyarakat yang terkena musibah longsor dan banjir bandang.

Banjir lahar dingin yang melanda wilayah tersebut menyebabkan banyaknya sawah masyarakat terendam lumpur dan material pohon kayu yang menyumbat aliran air sungai di lokasi tersebut.
Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong tersebut dilakukan sebagai upaya mempercepat membersihkan material banjir dan pohon tumbang yang merusak sawah masyarakat dan aliran sungai.

AKBP Kartyana juga menghimbau warga yang tinggal di sekitar aliran sungai Kampung Asam untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama ketika hujan deras. Apabila aliran sungai mulai besar dan keruh, segera cari tempat yang lebih aman untuk mengungsi dan menyelamatkan diri, kata Kapolres.

Kegiatan goro ini menunjukkan semangat gotong royong dan kepedulian yang tinggi dari semua pihak untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir lahar dingin. 
Dengan kerja sama dan kepedulian bersama, diharapkan kondisi lingkungan masyarakat di Kampung Asam Jorong Batang Gadih dapat segera pulih seperti sedia kala. (*) 
×
Kaba Nan Baru Update