Notification

×

Iklan

Iklan

Novia Harlina dan Fuadi Zikri Pimpin AJI Padang untuk Periode 2024-2027

18 Mei 2024 | 20:30 WIB Last Updated 2024-05-18T13:30:34Z


Padang, pasbana - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang memiliki pemimpin baru. Novia Harlina dan Fuadi Zikri terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Kota (Konferta) ke-VII AJI Padang yang berlangsung di Hotel Bumi Minang, Padang, Sabtu (18/5/2024).

Novia, jurnalis liputan6.com di Sumatera Barat, akan menjabat sebagai Ketua AJI Padang, sedangkan Fuadi, editor TribunPadang.com, akan mendampingi sebagai Sekretaris. Pasangan ini menggantikan Aidil Ichlas dan Zulfikar Efendi yang memimpin AJI Padang periode 2021-2024.

Pemilihan berlangsung cukup alot dan tegang, namun Novia dan Fuadi berhasil mendapatkan kepercayaan mayoritas anggota AJI Padang. Novia, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Koordinator Bidang Gender AJI Padang, mengaku terkejut dengan terpilihnya dia dan Fuadi.

"Ini kesempatan yang membuat saya kaget karena tadi pemilihannya berlangsung cukup alot dan tegang," tutur Novia.

Meski begitu, Novia optimis dapat membawa kemajuan bagi AJI Padang bersama Fuadi. "Semoga pada kepengurusan kami, AJI Padang semakin berkembang serta memberikan manfaat bagi banyak orang," harapnya.

Demisioner Ketua AJI Padang Aidil Ichlas menyambut baik terpilihnya Novia dan Fuadi. Ia menyebut Novia sebagai perempuan kedua yang memimpin AJI Padang setelah Yuafriza.

"Kami sangat senang dengan terpilihnya Ketua dan Sekretaris AJI Padang yang baru. Ini membuktikan adanya kaderisasi dalam kepengurusan sebuah organisasi," tuturnya.

Aidil juga berharap terpilihnya ketua perempuan dapat mendorong semakin banyak jurnalis perempuan untuk bergabung di AJI Padang. Saat ini, dari total 44 anggota AJI Padang, hanya 9 orang yang merupakan jurnalis perempuan.

"Kepada ketua dan sekretaris yang terpilih saya berpesan pimpinlah organisasi ini dengan cara dan gaya sendiri. Tidak usah berpatokan kepada siapapun dan tunjukanlah gaya kepemimpinan masing-masing asalkan tidak melanggar kode etik dan perilaku, serta tetap menjaga nama baik AJI Padang," jelasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) AJI Indonesia Bayu Wardhana turut hadir dalam Konferta AJI Padang. Ia mengamati bahwa anggota AJI Padang memiliki modal sosial yang kuat dan solid.

"Selamat kepada ketua dan sekretaris yang baru. Temukan jalur Anda sendiri, Anda bukan Aidil, Anda bukan Hendra Makmur, Anda punya gaya sendiri," pesan Bayu kepada Novia dan Fuadi.

Novia dan Fuadi memiliki tugas berat untuk membawa AJI Padang ke arah yang lebih maju. Dengan modal sosial yang kuat dan dukungan dari seluruh anggota, diharapkan AJI Padang dapat terus berkiprah dalam memperjuangkan kebebasan pers dan keadilan di Indonesia. (Rel) 
×
Kaba Nan Baru Update